Bandung (ANTARA News) - PT. Kereta Api Daop II Bandung melakukan pengamanan khusus di kereta api komuter dan melakukan razia terhadap bobotoh menjelang laga Persib melawan Persija Jakarta, Minggu.

"Pengamanan sudah rutin dilakukan jelang pertandingan Persib, kami melakukannya secara persuasif," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Minggu.

Langkah antisipasi itu dilakukan di stasiun-stasiun pemberhentian kereta api diesel atau kereta api komuter Bandung Raya yang biasa digunakan bobotoh untuk menuju Kota Bandung untuk selanjutnya menuju Stadion Si Jalak Harpat Soreang Kabupaten Bandung.

"Pencegahan saja, namun dalam beberapa pertandingan terakhir perilaku bobotoh yang naik KA lokal sudah lebih tertib," kata Bambang.

Selain meningkatkan pengawasan dan melakukan razia terhadap bobotoh, PT. KA Daop II Bandung juga membatasi perjalanan KA Cibatu-Purwakarta. KA lokal itu hanya dioperasikan dari Stasiun Cibatu hingga Stasiun Kiaracondong Kota Bandung.

"KA Cibatu untuk hari ini tidak dioperasikan hingga Purwakarta dan sebaliknya, hal itu untuk menghindari aksi pelemparan massa di sejumlah titik tempat bobotoh sempat terlibat tawuran dengan warga," kata Bambang.

KA itu biasanya digunakan bobotoh dari Purwakarta dan Bandung Barat menuju Bandung.

Sementara itu perjalanan KA Serayu Jakarta - Kroya, tetap dioperasikan seperti biasanya, namun tidak mengangkut bobotoh.

"KA Serayu tetap beroperasi di jalur selatan, namun tigak mengangkut bobotoh. Kami melakukan sweeping di stasiun-stasiun penghentian," kata juru bicara PTKA Daop II Bandung itu menambahkan.

(S033/s018)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2012