Teheran (ANTARA) - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengecam Barat yang dipimpin Amerika Serikat atas kebijakan ekspansionisme yang merusak kemerdekaan dan kedaulatan nasional.

"Amerika dan Barat terus-menerus berusaha untuk memperluas lingkup pengaruh mereka di berbagai wilayah, termasuk Asia Timur dan Asia Barat, dan untuk merusak kemerdekaan serta kedaulatan bangsa-bangsa," kata Khamenei dalam pertemuan dengan Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev di ibu kota Iran, Teheran pada Minggu (19/6) dikutip dari situs resminya.

Masalah utama dengan Ukraina adalah Barat sedang berusaha memperluas NATO karena mereka tidak ragu memperluas pengaruh mereka di mana pun mereka bisa, jelas Khamenei.
 
   Pemimpin tertinggi Iran itu mendesak koordinasi antara Iran dan Kazakhstan terkait masalah-masalah politik dan ekonomi


Sementara itu, Tokayev mengatakan bahwa sejumlah dokumen bilateral yang ditandatangani dapat membuka jalan bagi perluasan hubungan lebih lanjut antara kedua negara.

Sebelumnya pada hari yang sama, Tokayev tiba di Teheran dalam rangka kunjungan selama dua hari atas undangan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022