Semarang (ANTARA News) - Lawrence Cola dari Amerika Serikat bakal menjadi wasit pada pertarungan wajib atau choice antara juara dunia kelas bulu WBA, Chris John melawan penantangnya, Rocky Juarez yang dijadwalkan berlangdung di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, 28 Febuari 2009.

"Saya baru saja menerima daftar pemimpin pertandingan pada duel Chris John melawan petinju tuan rumah mendatang. Cole berasal dari negara bagian Texas, Amerika Serikat," Asisten Manajer Herry`s Gym, Toni Priatna ketika dihubungi dari Semarang, Kamis.

Kemudian untuk juri terdiri dari tiga orang, yaitu Tom Miller (dari Ohio), Raiul Caiz Senior (dari California), dan Levi Martinez (dari New Mexico).

Ketika ditanya apakah tidak merasa khawatir Chris John akan dicurangi pada pertarungan mendatang, karena dari mulai wasit hingga juri berasal dari Amerika Serikat dan satu negara dengan Rocky Juarez, dia mengatakan, tidak ada kekhawaitran tersebut dan mudah-mudahan jangan sampai terjadi.

"Mau bagaimana lagi memang keputusannya seperti itu," katanya menegaskan.

Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John akan mempertahankan gelarnya melawan petinju Amerika Serikat, Rocky Juarez yang disiarkan langsung oleh HBO Sabtu (28/1) pukul tujuh malam waktu setempat atau pukul 10.00 WIB.

Pada pertarungan tersebut juga dilakukan bersamaan dengan pertarungan antara Juan Manuel Marquez (Meksiko) melawan Juan Diaz (Amerika Serikat).

Pertarungan melawan Rocky Juarez ini merupakan yang ke-11 kali bagi ayah dua orang putri (Maria Luna Ferrisa dan Maria Roisa Christiani) dalam rangka mempertahankan gelar yang direbut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali tahun 2003.

Sampai kini, petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut berhasil mempertahankan gelar juara dunia hingga 10 kali tanpa putus sejak merebut gelar juara dunia kelas bulu WBA dari tangan petinju Colombia, Oscar Leon di Bali tahun 2003.

Dari 10 kali mempertahankan gelar tersebut, lima kali di antaranya dilalui melalui mandatory fight yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan terakhir melawan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Kemudian lima kali lainnya melalui tarung pilihan atau choice, yaitu melawan Renant Acosta (Panama), Jose Cheo Rojas (Venezuela), Tommy Browne (Australia), Osamu Sato dan Zaiki Takemoto (Jepang).

Dari 10 kali pertarungan mempertahankan gelar tersebut, empat kali dimainkan di luar negeri, yaitu Jepang tiga kali dan Australia sekali, sedangkan enam kali dimainkan di dalam negeri baik Jakarta maupun Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. (*)

Pewarta: goent
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009