AsiaNet 48058

SINGAPURA, 30 Januari 2012 (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) --

     Rudie Kusmayadi, Presiden Direktur Pdam Tirta Rahardja Bandung Regency menyoroti tiga kebutuhan untuk pengembangan infrastruktur air di Indonesia; beliau menjelaskan sumber daya air yang baik, keuangan dan yang terpenting adalah pasar yang terjangkau.

     "Proyek infrastruktur air berskala besar biasanya menggunakan air permukaan (sungai), karena neraca air saat ini yang tidak memenuhi persyaratan proyek infrastruktur air, pemerintah berencana untuk membangun bendungan kecil dan melakukan program terpadu untuk wilayah di sekitar sungai (dikenal sebagai satu sungai - satu manajemen - satu program terpadu). Solusi untuk pembiayaan akan menggunakan sumber-sumber domestik atau mengembangkan PPP. Sebenarnya pasar yang ada juga tidak terlalu menggangu masyarakat miskin. Bagi masyarakat miskin ini, pemerintah akan memberikan anggaran guna mendukung mereka," ungkapnya.

     Benny Andrianto, Wakil Presiden, & Direktur PT. Adhya Tirta Batam, menjelaskan bahwa beberapa isu utama yang perlu ditangani adalah kapasitas air mentah yang tersedia.

     "Sejumlah investasi dan tarif, serta kebijakan pemerintah yang ambigu (BIDA/ PEMKO). Yang juga perlu dipahami adalah budaya itu sendiri. Meskipun iklim adalah sesuatu yang tidak dapat kita kendalikan, mengurangi pemborosan dan meningkatkan efisiensi serta hasil air harus dipahami, "katanya.

     Andrianto juga menjelaskan bahwa, melihat ke depan, air mentah tambahan perlu direalisasikan dalam beberapa tahun mendatang, dan harus siap pada tahun 2016. "Juga efisiensi pengoperasian dengan mengurangi kebutuhan NRW perlu ditingkatkan. Program pendidikan untuk mendorong orang dalam menghemat air perlu diwujudkan untuk mengurangi konsumsi air per kapita. Selain itu, pengawasan pertumbuhan populasi perlu ditangani dan pabrik desalinasi air yang mendaur ulang air akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat. Beberapa masalah tersebut perlu ditangani oleh Pemerintah, bukan oleh operator air, "tambahnya.

     Benny dan Rudie akan berbicara pada Water Infrastructure Indonesia. Kirimkan email ke enquiry@iqpc.com.sg untuk mendaftar atau kunjungi http://www.waterinfrastructureindonesia.com/ untuk rincian lebih lanjut tentang daftar pembicara dan topik yang akan dibahas di Water Infrastructure Indonesia.

     Tentang IQPC Worldwide:

     Selama lebih dari tiga puluh tahun, IQPC telah membantu berbagai perusahaan terkemuka di dunia dalam mengatasi tantangan bisnis mereka melalui berbagi solusi industri praktis dan praktik terbaik global. Pada proses ini, perusahaan telah membangun reputasi yang amat baik untuk kualitas dan nilai. Perusahaan yang paling maju di dunia ini telah memperoleh manfaat dari jangkauan IQPC yang tak tertandingi secara global , yang telah menghubungkan keahlian internasional dengan para pemimpin regional dan lokal.

     Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

     Bryan Camoens
     IQPC Worldwide
     Tel: +65-6722-9406
     Email: bryan.camoens@iqpc.com.sg

SUMBER IQPC Worldwide

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2012