New Delhi (ANTARA News/Xinhua-OANA) - India mengatakan tidak akan memutus impor minyak dari Iran, tampaknya membuat jelas Delhi tidak akan tunduk pada tekanan Amerika Serikat atau negara barat yang memberlakukan sanksi terhadap Teheran, kata media lokal, Senin.

"Hal ini tidak mungkin bagi India untuk mengambil keputusan memutus atau mengurangi impor dari Iran secara drastis, karena di antara negara-negara yang dapat memberikan kebutuhan negara berkembang, Iran merupakan negara penting di antara mereka," kata Menteri Keuangan India Pranab Mukherjee seperti dikutip selama kunjungan ke Amerika Serikat pada Minggu.

"Kami (India-red) impor 110 juta ton minyak mentah per tahun. Kami tidak akan menurunkan impor dari Iran. Iran merupakan negara yang penting bagi India meskipun ada sanksi AS dan Eropa terhadap Iran," kata Mukherjee.

Menteri keuangan, yang saat ini mengunjungi Amerika Serikat itu menambahkan: "Beberapa negara lain, Arab Saudi, Nigeria, negara-negara Teluk lainnya mereka juga berkontribusi tapi Iran memberi kontribusi besar."

India, konsumen terbesar keempat minyak dunia, mengimpor 12 persen dari produk minyak bumi Iran.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012