Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk menggandeng sosial e-commerce Multiply.com untuk mengembangkan layanan belanja on-line XL Tunai dengan target 300.000 pengguna aktif hingga akhir 2012.

"Sejak diluncurkan resmi pada akhir Desember 2011 pengguna aktif layanan XL Tunai saat ini sudah mencapai 4.000-5.000 pelanggan," kata Direktur Technology Content & New Business XL Dian Siswarini di Jakarta, Selasa.

XL Tunai adalah layanan e-money berbasis sistem sever yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan transaksi secara on-line secara aman dan nyaman melalui ponsel.

Dian menuturkan Multiply.com menjadi mitra merchant pertama yang menggunakan pilihan pembayaran dari XL Tunai.

Ia mengakui, bisnis e-commerce saat ini baru pada tahap pengembangan sehingga masih memungkinkan untuk digarap karena pasar Indonesia yang masih sangat besar.

"Kami memperkirakan bisnis e-commerce akan "booming" dalam 2-3 tahun ke depan," tegasnya.

Meski begitu ditambahkan Dian, kesuksesan pasar e-commerce sangat tergantung pada seberapa besar kecepatan dalam melakukan edukasi publik mengubah kebiasaan transaksi konvensional menjadi on-line secara aman dan nyaman.

"Selama ini masyarakat masih menggunakan transaksi berdasaran kas (based cash), ini yang akan digiring menjadi transaksi "cash less" (tanpa uang tunai) atau on-line," ujar Dian.

Senior Manager m-Finance Strategic Business & Innovation XL Yessie D. Yosetya mengatakan untuk berbelanja dengan XL Tunai pelanggan cukup melakukan registrasi melalui *123*120#, atau mengakses situs Multiply.com.

Yessie mengakui saat ini layanan XL Tunai masih didominasi transaksi untuk pembelian pulsa.

"Dengan menggandeng Multply kami berharap transaksi XL Tunai bisa meluas ke produk-produk dan jasa lainnya," kata Yessie.

Sementara itu Country Manager PT Multiply Indonesia Daniel Tumiwa mengatakan Multiply berkomitmen untuk menjadi pionir dalam memberikan layanan berkualitas bagi pengguna XL.

"XL sejak awal sudah menjadi mitra Multiply mengembangkan industri e-commerce di Indonesia," ujarnya.

Daniel menjelaskan, saat ini Multiply sudah memiliki lebih dari 60.000 toko permanen dengan sebanyak 2,5 juta pengguna terdaftar (member) dan sekitar 1,1 juta produk, serta sekitar 7 juta pengunjung setiap bulan.

"Multiply merupakan pasar on-line terbesar di Indonesia dengan 17 kategori produk, dan ratusan subkategori produk," ujarnya.

Sejalan dengan berkembangnya layanan e-commerce, Daniel meyakini jumlah merchant Multiply akan bertambah sekitar 3.000 mitra setiap bulan.

(R017)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012