Palembang (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scort Marciel mengatakan potensi sumber daya alam (SDA) di Sumatera Selatan cukup besar sehingga pihaknya ingin melihat langsung ke daerah itu untuk menjajal kemungkinan kerja sama.

"Saya datang ke Sumsel ini tidak lain untuk melihat potensi daerah yang cukup besar," kata Dubes kepada wartawan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis.

Kehadiran Dubes AS itu disambut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Kepala Dinas Pendidikan Nasional, Ade Karyana, Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Eddy Hermanto dan pejabat lainnya.

Usai disambut gubernur, dubes berserta rombongan menuju keperusahaan milik AS di Kabupaten Musibanyuasin yakni Conoco Philip dan Cargil menggunakan heli.

Lebih lanjut dia mengatakan, Sumsel kaya akan batubara, panas bumi, minyak dan gas sehingga potensi tersebut perlu dimanfaatkan sebaik mungkin.

Oleh karena itu pihaknya ingin melihat sekaligus menjalin kerja sama kemungkinan adanya penamaman modal di daerah, kata duia.

Namun, untuk Sumsel sendiri pihaknya akan memaksimal perusahaan yang ada di daerah ini seperti Conoco Philip dan Cargil dalam mengembangkan investasi.

Sehubungan itu pihaknya akan meninjau kondisi perusahaan tersebut dan kemungkinan bisa mengembangkan usaha untuk membantu Sumsel, kata dia pula.

Dikatakannya, selain itu pihaknya ingin menjalin kerja sama dibidang pendidikan terutama pengiriman siswa Sumsel ke Amerika Serikat.

Bukan itu saja pihaknya ingin menjajaki kemungkinan kerja sama antar Universitas di Indonesia dengan AS termasuk Sumsel, kata dia.

Kunjungan kerja ini diharapkan dapat meningkatkan jalinan kerja sama sekaligus investasi, tambah dia.

(U005)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012