Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca cerah berawan menyambut Jakarta pada Selasa pagi serta ada potensi hujan dengan intensitas ringan pada siang dan sore hari di sebagian wilayah Jakarta Timur (Jaktim) dan Jakarta Selatan (Jaksel).

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/ petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari," demikian peringatan dini dari BMKG, dikutip dari akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Selasa.

Selanjutnya pada Kamis malam, cuaca berawan berpotensi menyambut lima wilayah Kota Jakarta dan satu Kabupaten Kepulauan Seribu dan pada Rabu dinihari, cuaca berpotensi cerah berawan.

Suhu udara di Jakarta berkisar antara 24 derajat hingga 32 derajat Celsius, sedangkan kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 95 persen.

Sementara itu, lembaga data kualitas udara IQ Air tidak menempatkan Jakarta dalam daftar 10 besar kota yang paling berpolusi di Indonesia karena indeks kualitas udara dinilai ada di angka 101 pada Selasa pukul 08.00 WIB.

Peringkat udara Jakarta lebih baik dari sejumlah daerah lain seperti Surabaya (Jawa Timur-indeks 152), Depok (Jawa Barat-indeks 119) dan Serang (Banten-indeks 112).

Meski begitu, melansir dari laman resmi IQ Air di Jakarta, kualitas udara Ibu Kota masih masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif karena konsentrasi particulate matter (PM) 2.5 saat ini 7,1 kali di atas nilai pedoman kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Konsentrasi PM2.5 di Jakarta berada pada angka 48 mikrogram per meter kubik.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca di DKI Jakarta hujan pada Senin siang

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022