Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) berkolaborasi untuk membantu pemerintah daerah mewujudkan tujuan pembangunan daerah yang berkelanjutan.

"Kami mendukung upaya pemerintah dalam membuat perencanaan pembangunan daerah yang berkelanjutan, di mana dalam menyusun perencanaannya didasarkan pada science base policy," kata Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Yopi dalam keterangan yang diakses ANTARA di laman resmi BRIN di Jakarta, Rabu.

Yopi mengatakan BRIN sebagai lembaga riset yang mengkoordinasikan kegiatan riset yang dilakukan Brida, mendukung upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan tujuan pembangunan daerah yang berkelanjutan.

BRIN akan mendampingi Brida dalam membuat perencanaan dan implementasi pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Baca juga: BRIN: Pengelolaan sampah dukung pengurangan emisi gas rumah kaca

Baca juga: BRIN fasilitasi riset pertanian ciptakan inovasi dan teknologi kunci


Pelaksana tugas Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah BRIN Wihatmoko Waskitoaji mengatakan dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah yang menjadi salah satu bagian dari tugas Brida, harus merujuk pada tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah dikeluarkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas hidup serta pembangunan yang inklusif.

Tujuan berikutnya adalah terlaksana tata kelola yang mampu menjaga kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Wihatmoko menuturkan dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan, harus memperhatikan tiga aspek yakni pembangunan ekonomi, sosial, dan ekosistem.

Menurut dia, ketika akan memproduksi sesuatu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, daerah diharapkan dapat mengedepankan pembangunan sosial dan ekosistem.

Ia berharap daerah memperhatikan tiga aspek tujuan pembangunan berkelanjutan itu jika ingin memproduksi barang yang dinilai dapat menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi terutama produk yang berorientasi ekspor.

"Kita dapat membantu pemerintah daerah dalam persiapan rencana pembangunan yang terkait dengan tiga aspek atau rumpun tujuan pembangunan berkelanjutan yakni pembangunan ekonomi, sosial, dan ekosistem," tuturnya.*

Baca juga: BRIN: Brida sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi daerah

Baca juga: Indonesia perlu 3 juta lapangan kerja per tahun hadapi bonus demografi

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022