Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi bertemu dengan Menteri Kebudayaan Tunisia Hayah Qattat Qarmazi di kawasan Kota Tua Tunis al-Kasabah pada Rabu (29/6) untuk membahas upaya meningkatkan kerja sama budaya antarkedua negara.

Zuhairi menyatakan bahwa hubungan bilateral di antara kedua negara telah berlangsung lama dan kebudayaan sebagai salah satu elemen penting yang dapat mempererat hubungan Indonesia dan Tunisia, demikian menurut keterangan KBRI Tunis yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Hubungan bilateral Indonesia-Tunisia sangat historis, yang telah dikukuhkan oleh kedua Bapak Proklamator, yaitu Sukarno dan Habib Bourgaiba. Ketika Sukarno berkunjung ke Tunisia pada 1960, Presiden Habib Bourgaiba mengenalkan khazanah kebudayaan dan peradaban Tunisia," kata Zuhairi.

"Sebab itu, dimensi kebudayaan di antara yang menjadikan kedua sosok pemimpin besar itu menjalin persahabatan sangat erat," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia terus menjaga kelestarian kebudayaan dan menjadikannya sebagai infrastruktur diplomasi.

"Kami di Tunisia ini sangat aktif mengenalkan kebudayaan Indonesia, seperti musik, film, tarian, kuliner, pakaian, bahasa, dan lain-lain. Respons warga Tunisia sangat baik," kata Zuhairi.

"Kami juga ingin mengenalkan kebudayaan Tunisia ke Indonesia, sehingga hubungan bilateral di antara kedua negara semakin erat," lanjutnya.

Sementara Menteri Kebudayaan Tunisia, Hayah Qattat Qarmazi, menyampaikan apresiasi atas kegiatan kebudayaan yang dilakukan KBRI Tunis di negara itu.

"Saya senang atas partisipasi KBRI Tunis dalam beberapa kegiatan di Tunisia. Kami juga ingin di masa mendatang ada kerja sama yang lebih kongkrit dalam bidang film, puisi, novel, dan musik. Kebudayaan adalah jantung sebuah bangsa, dan identitas sebuah bangsa akan ditentukan sejauh mana kebudayaan tumbuh dan berkembang mewarnai kehidupan sebuah bangsa," ucap  Qarmazi.

"Di Tunisia ada banyak festival, di antaranya yang paling besar adalah Festival Carthage dan Festival Film Internasional, saya berharap Indonesia berpartisipasi dalam kedua festival tersebut," ujarnya.

Baca juga: Dubes Zuhairi hibahkan kitab tafsir ke mahasiswa Indonesia di Tunisia
Baca juga: KBRI promosikan, dorong ekspor kopi Indonesia ke Tunisia
Baca juga: Dubes RI sambut kontingen Federasi Kempo Indonesia di Tunisia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022