Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberdayakan ratusan usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada acara puncak peringatan HUT Ke-76 Bhayangkara yang digelar di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 5 Juli mendatang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, mengatakan ratusan UMKM bakal dihadirkan dalam Festival Hari Bhayangkara.

“Festival ini juga menjadi wadah untuk memberdayakan ratusan UMKM,” kata Ramadhan.

Baca juga: Kapolri: Perjuangan pahlawan penyemangat wujudkan Indonesia Emas

Ramadhan menjelaskan, Polri mendukung upaya pemberdayaan UMKM seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan transformasi ekonomi masyarakat yang inklusif.

“Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu hal yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dengan meningkatkan produktivitas untuk transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan,” kata Ramadhan.

Pada puncak HUT Ke-76 Bhayangkara rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Pada HUT Ke-76 Bhayangkara, Polri mengangkat tema "Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktur untuk mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Upacara ini diikuti oleh 1.996 personel Polri yang dibagi menjadi enam batalyon dan pasukan pendukung.

Festival Hari Bhayangkara diselenggarakan setelah upacara selesai, berlokasi di Stadion Taruna Bhayangkara Akademi Kepolisian.

“Festival ini menggabungkan keseluruhan acara dari sektor-sektor divisi Polri dan disinergikan dengan kegiatan kerakyatan yang menggambarkan bahwa polisi merupakan bagian dari masyarakat dan dekat dengan masyarakat, karena polisi adalah kita,” kata Ramadhan.

Pada Festival HUT Ke-76 Bhayangkara nanti akan ditampilkan expo alat material khusus (almatsus) Polri kemudian juga ditampilkan pasar rakyat yang terdiri dari enam area di antaranya UMKM, kemudian ada kuliner rakyat, ada pasar murah juga ada vaksinasi booster presisi, dan pengobatan gratis serta permainan anak dan hiburan rakyat.

Kemudian juga akan ditampilkan penampilan lomba musik musisi jalanan dan kesenian antar pelajar, penampilan musik dari Polda Jawa Tengah serta pameran mural.

Baca juga: Pesan Festival Nusantara Gemilang Polri jaga persatuan kesatuan
Baca juga: Buku 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput' ungkap sisi positif Polri
Baca juga: HUT ke-76 Bhayangkara, Polres Jakarta Utara gelar lomba mancing


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2022