Jakarta (ANTARA) - Pengurus masjid di Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengutamakan protokol kesehatan saat pelaksanaan Shalat Idul Adha 2022 pada Minggu esok.

Ditemui di kawasan Masjid Raya Musyawarah, Jakarta Utara, Jumat, salah satu panitia perayaan Idul Adha, Asep menyampaikan jamaah diimbau menggunakan masker selama beribadah, mencuci tangan serta mengecek suhu tubuh.

Baca juga: Muhammadiyah siapkan sekitar 25 lokasi Shalat Idul Adha di Jakarta

“Di setiap pintu masuk disediakan tempat cuci tangan, sabun dan sanitizer dan thermo gun,” kata Asep.

Ia juga menjelaskan bagi jamaah yang tidak mengenakan masker maka akan diberikan masker, namun apabila ketersediaan masker panitia telah habis maka jamaah akan diarahkan untuk beribadah di selasar masjid milik pemerintah daerah itu

Saat pelaksanaan Shalat Idul Adha, masjid dengan kapasitas maksimum 5.000 orang itu bakal ada panitia khusus yang memantau prokes, selain itu akan ada Satgas Penanganan COVID-19 dari wilayah setempat serta Satpol PP juga Koramil untuk pengamanan.

Baca juga: Islamic Center Duren Sawit gelar Shalat Idul Adha pada Sabtu

Senada dengan Asep, panitia Idul Adha Masjid Ad Da’wah, Sabani mengatakan penerapan protokol kesehatan di masjid tetap diperketat dan menyiapkan sanitizer disiapkan di setiap sudut masjid agar menjangkau semua jamaah yang beribadah.

Selain itu, masjid dengan daya tampung sekitar 700 orang ini akan disemprotkan cairan disinfektan di area masjid guna mencegah penyebaran COVID-19.

Jamaah diimbau membawa perlengkapan shalat dari rumah masing-masing serta bagi yang merasa kurang sehat agar beribadah di rumah.

Baca juga: Masjid Al Azhar tampung 12 ribu jamaah Shalat Idul Adha

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022