Beijing (ANTARA) - China mengintensifkan pada bantuan bencana dan pengendalian banjir guna menanggapi hujan deras yang memicu banjir besar di sejumlah daerah di negara tersebut, kata seorang pejabat pada Jumat (8/7).

Total sebanyak 487 sungai di seluruh China telah melebihi level siaga, dengan 13 di antaranya mencatat rekor level air banjir tertinggi, kata Wakil Menteri di Kementerian Manajemen Darurat dan Kementerian Sumber Daya Air China, Zhou Xuewen dalam konferensi pers.

China mengalami bencana akibat hujan deras sejak negara tersebut memasuki musim banjir, dengan rata-rata presipitasi nasional mencapai level tertinggi sejak 2017, tunjuk data meteorologi.

Sekitar 21,81 juta orang terdampak banjir sejak awal tahun ini, dengan sekitar 1,24 juta orang diungsikan ke tempat aman, tutur Zhou.

Menanggapi turunnya hujan deras, China mengirimkan 31 tim kerja dan tim profesional guna membantu upaya pengendalian banjir lokal serta mengerahkan sekitar 56.200 personel penyelamat dan pemadam kebakaran untuk menyelamatkan dan merelokasi warga setempat yang terdampak, ujar Zhou.

Jumlah korban tewas atau hilang berada di angka 40, turun sebanyak lebih dari 70 persen dari level rata-rata lima tahun sebelumnya, berkat upaya pemastian kesejahteraan warga dan mitigasi dampak bencana, urai Zhou.

Zhou juga memperingatkan bahwa hujan deras dapat berlanjut menerjang China bagian utara, selatan, dan barat daya pada Juli dan Agustus.

Dia mendesak sejumlah departemen lokal mengambil langkah-langkah pencegahan guna memastikan keamanan dan kesejahteraan warga. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022