Mamuju (ANTARA) - Penyaluran daging kurban kepada masyarakat di Sulawesi Barat (Sulbar) diminta tidak menggunakan kantong plastik, tetapi menggunakan wadah kerajinan tangan masyarakat.

"Penyaluran daging kurban dengan membagikan kepada masyarakat, diminta tidak menggunakan kantong plastik, karena selain untuk menjaga kesehatan juga banyak manfaat lainnya, jika menggunakan wadah," kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, penyaluran daging kurban kepada masyarakat dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan wadah, seperti daun pisang atau daun jati.

"Banyak wadah yang bisa digunakan menyalurkan daging kurban, yakni dapat menggunakan wadah dari daun pisang dan daun jati, ataupun kerajinan tangan seperti keranjang dari bambu, atau daun pandan, maupun dari daun kelapa," katanya.

Menurut dia, dengan menyalurkan daging kurban menggunakan wadah tersebut, selain memberdayakan ekonomi masyarakat yang menjual wadah tersebut, juga untuk menjaga kearifan lokal.
Baca juga: Gubernur Sulbar pantau sapi bantuan Presiden Jokowi.


Pemerintah Provinsi Sulbar menyerahkan bantuan sapi kurban Idul Adha 1443 Hijriah sebanyak 18 ekor kepada masyarakat yang ada di enam Kabupaten Sulbar.

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar pada Idul Adha tahun ini menyerahkan bantuan sapi kurban untuk dibagikan kepada masyarakat pada enam kabupaten di Sulbar sebanyak 18 ekor.

Bantuan sapi kurban tersebut hasil donasi dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulbar dan setiap kabupaten akan diberikan tiga ekor sapi untuk dibagikan kepada masyarakat, .

Dia juga menyampaikan bahwa Gubernur Sulbar dan jajaran Pemprov Sulbar akan menggelar pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Anwar yang terletak di Kompleks Kantor Gubernur Sulbar.

Setelah dilaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Anwar akan dilanjutkan dengan penyembelihan sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo dan sapi kurban bantuan Penjabat Gubernur Sulbar di Masjid Al Ikhlas Kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.
Baca juga: Dompet Dhuafa tebar 1.000 hewan kurban di Sulsel-Sulbar-Palestina
Baca juga: Masyarakat di Mamuju mendapat alokasi ratusan hewan kurban

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022