Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (10/7), mulai dari Presiden Jokowi mengatakan Hari Raya Idul Adha momentum bagi umat Muslim untuk menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya hingga RI menawarkan tiga proposal dalam menghadapi tantangan global.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Presiden Jokowi: Idul Adha menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya

Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah menjadi momen bagi umat Muslim untuk menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya kepada sesama umat manusia.

"Alhamdulilah pada pagi hari ini, kita baru saja menunaikan ibadah salat Ied di Hari Raya 1443 Hijriah di tahun 2022. Hari Raya Idul Adha kita maknai sebagai sebuah ketauhidan, sebuah aktivitas yang menebarkan kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk sesama," kata Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7).

Selengkapnya baca di sini.

Puan: Jadikan Idul Adha momentum melatih keikhlasan

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak umat Muslim merayakan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum untuk melatih keikhlasan dan ketulusan dalam menjalankan perintah Allah Swt.

"Saya mengajak seluruh umat Muslim untuk berserah dan bersyukur di hari yang suci ini, mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Swt bisa menjadi salah satu cara dalam memaknai Idul Adha. Jadikan Idul Adha sebagai momentum untuk melatih keikhlasan dan ketulusan dalam menjalankan perintah Allah Swt," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/7).

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi laksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal pada Minggu, 10 Juli 2022.

Salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin oleh imam Salim Ghazali. Adapun khotbah disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, KH Mohammad Nuh, yang mengangkat tema "Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan".

Selengkapnya baca di sini.

JK yakini hewan kurban sudah bebas dari PMK

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meyakini hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah sudah bebas dari penyakit mulut dan kelamin (PMK).

"Saya yakin semua hewan kurban yang dikurbankan tahun ini sudah terbebas dari PMK," kata Jusuf Kalla (JK) usai menjalankan Salat Idul Adha di Lapangan Masjid Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (10/7).

Selengkapnya baca di sini.

RI tawarkan tiga proposal hadapi tantangan global

Indonesia menawarkan tiga proposal untuk bekerja bersama dalam mencari solusi menghadapi tantangan global yang multidimensi dalam 2nd Sherpa Meeting Presidensi G20 Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada pembukaan 2nd Sherpa Meeting di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (10/7), secara virtual.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022