Mataram, Nusa Tenggara Barat (ANTARA) - Pada Minggu (10/7) warga Muslim di berbagai daerah di Indonesia merayakan Idul Adha dan menyembelih hewan kurban, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan fenomena embun es di kawasan Dieng, dan cakupan vaksinasi COVID-19 dosis penguat meningkat.

Selain itu ada warta mengenai penularan COVID-19 yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Keraton Surakarta kembali gelar grebeg besar

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali menggelar grebeg gesar pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, setelah menghentikan penyelenggaraan grebeg selama sekitar dua tahun akibat pandemi COVID-19. Pengulu Tafsir Anom KRAT Muh Mukhtarom Pujonagoro mengatakan bahwa grebeg besar merupakan wujud syukur manusia kepada Tuhan.

Jamaah Shalat Idul Adha di Masjid Baiturrahman Aceh membeludak

Jamaah shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, membeludak pada Ahad pagi. Warga dari berbagai daerah di Aceh datang ke masjid itu untuk menunaikan shalat Idul Adha 1443 Hijriah.

BMKG jelaskan fenomena embun es di Dieng

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dodo Gunawan menjelaskan bahwa fenomena embun es di kawasan Dieng, Jawa Tengah, terjadi karena pada musim kemarau suhu udara di daerah dataran tinggi itu sangat dingin.​​​​​​

51,94 juta penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksin dosis ketiga

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan sebanyak 51.943.753 penduduk Indonesia telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga (penguat) dan jumlah warga yang sudah dapat vaksinasi lengkap mencapai 169.359.459 orang.

Angka kasus COVID-19 harian capai 2.576

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan angka COVID-19 harian di Indonesia mencapai 2.576 kasus pada Minggu dan DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus harian tertinggi dengan tambahan 1.675 kasus.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2022