Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (11/7) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Suvei: 78 persen responden setuju Rusia-Ukraina diundang di KTT G20
Survei dari Indikator Politik Indonesia pada 16 sampai 24 Juni 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 78 persen responden yang mewakili masyarakat Indonesia menyetujui agar Rusia dan Ukraina diundang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Masyarakat secara umum setuju Rusia sekaligus Ukraina diundang. Masyarakat kita suka yang tengah-tengah saja. Ada total 78 persen masyarakat yang setuju. Ini kan cara pemerintah, ketika Rusia diundang ada penentangan, kemudian Ukraina meskipun bukan anggota KTT G20 diundang untuk menetralkan kemarahan negara-negara barat dan cara itu ternyata disetujui masyarakat kita,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, saat memaparkan hasil survei secara daring, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Indikator Politik Indonesia, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

2. Menhan Prabowo: Prancis mitra strategis RI dalam geopolitik
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyebutkan bahwa Prancis merupakan mitra strategis bagi Indonesia dalam geopolitik dan geostrategis.

"Prancis adalah mitra strategis utama bagi Indonesia dalam hal geopolitik dan geostrategi," kata Prabowo saat menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Udara dan Antariksa Prancis Général d'Armée Aérienne Stéphane Mille di Kemhan, Jakarta, Senin, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Selengkapnya baca disini

3. China apresiasi kepemimpinan Indonesia di G20
Menteri Luar Negeri sekaligus State Councillor China Wang Yi mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20, kata Menlu RI Retno Marsudi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut Retno, Wang Yi menyampaikan apresiasi itu langsung kepada Presiden Joko Widodo saat keduanya melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

4. Setneg: Presiden Jokowi terima surat pengunduran diri Lili Pintauli
Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menyebut Presiden Joko Widodo telah menerima surat pengunduran diri Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar.

"Surat pengunduran diri Lili Pintauli Siregar (LPS) telah diterima oleh Presiden Jokowi. Presiden Jokowi sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Pemberhentian LPS," kata Faldo kepada wartawan di Jakarta pada Senin.

Selengkapnya baca disini

5. Analis sebut Teuku Riefky dan Emil Dardak tokoh prospektif Demokrat
Analis politik Mawardin Sidik menyatakan bahwa Wakil Ketua Komisi I DPR Teuku Riefky Harsya dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak merupakan dua tokoh muda prospektif Partai Demokrat.

“Selain AHY (Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono), Partai Demokrat sejatinya juga punya dua tokoh muda yang bisa dibilang prospektif, yakni Teuku Riefky Harsya dan Emil Dardak,” kata Mawardin yang juga Direktur Semar Political Institute dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022