Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mendorong pengembangan infrastruktur digital untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kita perlu fokus pada pengembangan infrastruktur digital untuk kemudahan dan kecepatan UMKM terutama untuk pelaku UMKM wanita,” katanya dalam B20-G20 Dialogue bertajuk Finance and Infrastructure Task Force yang diikuti Antara di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, pengembangan infrastruktur yang berfokus pada memfasilitasi kemajuan perempuan dan dan UMKM sangat penting untuk pengembangan suatu negara.

Hal tersebut lantaran UMKM berkontribusi terhadap sekitar dua pertiga dari kegiatan ekonomi di negara-negara berkembang dan sebagian besar UMKM adalah milik wanita.

Tak hanya itu, UMKM juga terbukti tangguh di tengah pandemi COVID-19 yang melanda global selama dua tahun dan mampu menjadi penopang perekonomian.

Oleh sebab itu, pengembangan infrastruktur dengan konektivitas digital yang inklusif sekaligus peningkatan literasi digital sangat penting bagi UMKM.

“G20 diharapkan memberikan dukungan yang kuat untuk kemajuan UMKM melalui infrastruktur,” tegas Amalia.


Baca juga: Ekonom: CBDC dorong pembangunan infrastruktur digital terpadu
Baca juga: Indonesia siapkan tiga aspek infrastruktur digital ramah lingkungan
Baca juga: Sri Mulyani: G20 dorong peningkatan infrastruktur digital

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022