Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam menyebutkan seluruh jamaah haji telah laksanakan tawaf ifadah di Masjidil Haram usai menyelesaikan rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuna).

"Untuk Embarkasi Batam semua jamaah kita sudah melaksanakan tawaf ifadah. Tawaf ifadah ini adalah tawaf haji yang merupakan rukun haji yang ketiga setelah berniat di hotel kemudian wukuf di Arafah, terus pelaksanaan tawaf ifadah dan dilanjut sai. Sementara untuk tahalul mencukur rambut jamaah sudah melakukan di Mina pada hari pertama setelah melakukan jumrah aqabah," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Edi Batara saat dihubungi melalui sambungan telepon di Batam, Jumat.

Dalam video yang dibagikan petugas Humas PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Jumat (15/7), memperlihatkan jamaah haji kloter tiga berada di Masjidil Haram usai melaksanakan tawaf ifadah yang dilanjutkan dengan sai.

"Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan tawaf ifadah sebanyak 7 kali putaran, saat ini masih di pelantaran Kakbah semoga amal ibadah kami diterima Allah SWT," ucap Ketua Kloter tiga Embarkasi Hang Nadim Batam, Ahadi Muhammad Saad dalam video yang dibagikan petugas Humas PPIH.

Baca juga: Bandara AP II siap sambut kepulangan jamaah haji mulai malam ini
Baca juga: Pemerintah siapkan skrining kesehatan sambut kepulangan jamaah haji

Sementara itu, jamaah haji kloter 9 sebelum melaksanakan tawaf ifadah, petugas kloter bersama dengan tim kesehatan melakukan kegiatan pembekalan dan bimbingan pelaksanaan tawaf ifadah, sai, dan tahalull di hotel tempat mereka menginap.

"Kegiatan bimbingan dan pembekalan hal-hal yang terkait tawaf ifadah, sai dan tahallul bagi jamaah haji. Hal ini perlu diketahui mengingat beberapa pertanyaan jamaah atau pun tim kesehatan terkait pelaksanaan tawaf ifadah tersebut," kata Ketua Kloter 9 Embarkasi Hang Nadim Batam, Surya Hudaya dalam video yang dibagikan petugas Humas PPIH.

Lebih lanjut, Surya menjelaskan bimbingan tersebut juga menyampaikan bagaimana pelaksanaan tawaf ifadah, sai dan tahallul terhadap jamaah risiko tinggi (risti).

Disamping itu, pelaksanaan tawaf ifadah bagi jamaah haji risti ditunda hingga dua hari agar jamaah bisa istirahat terlebih dahulu.

"Bimbingan ini juga menyampaikan bagaimana pelaksanaan tawaf ifadah, sai dan tahallul kepada jamaah risti tentunya. Untuk jamaah risti akan kita tunda dulu tentunya 1 hingga 2 hari kemudian. Kita akan melaksanakan untuk jamaah yang sehat terlebih dahulu tentunya.

Baca juga: Kemenkes: 51 haji dapat prioritas kepulangan karena alasan kesehatan

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022