Jakarta (ANTARA) - Software kasir di era modern tidak hanya dirancang untuk mempermudah transaksi bisnis anda. Namun dengan sistem POS (point of sale) yang terintegrasi, anda bisa menggunakan aplikasi untuk menyederhanakan manajemen SDM di perusahaan. Dimana hal ini sangat penting lantaran keberadaan karyawan sangat penting untuk sebuah bisnis. Lantas, bagaimana caranya ? Yuk simak.

 
Cara Sistem POS Menyederhanakan Manajemen SDM

1. Memudahkan Perhitungan Komisi

Perhitungan gaji mungkin terasa rumit untuk bisnis yang menerapkan komisi karyawan. Apalagi jika komisi untuk satu transaksi perlu dibagi bagi ke beberapa karyawan sekaligus. Contohnya anda menjalankan usaha cuci mobil, biasanya satu mobil akan dikerjakan oleh lebih dari satu karyawan bahkan bisa tiga orang sekaligus supaya lebih cepat.

Sehingga komisi dari satu transaksi perlu dibagi kepada tiga orang karyawan tersebut yang mengerjakannya. Bayangkan dalam sehari ada berapa transaksi yang dilakukan oleh bisnis. Padahal karyawan yang anda pekerjakan juga tidak hanya tiga orang, namun lebih dari itu. Tentu jika dihitung satu per satu secara manual akan sulit dan menghabiskan banyak waktu.

Oleh karena itu, software kasir bisa membantu dalam memudahkan perhitungan komisi. Karena sistem point of sale dengan fitur perhitungan komisi akan langsung menghitung secara otomatis pada setiap transaksi. Jadi komisi setiap karyawan pun sudah langsung terhitung dan nantinya dapat dijumlahkan dengan gaji pokok mereka.

2. Dapat Diakses Langsung oleh Karyawan

Sistem POS juga bisa dapat diakses langsung oleh karyawan, sehingga anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu merasa terganggu dimintai data ini itu jika mereka membutuhkannya. Dan menariknya, pengelolaan hak akses dapat dilakukan di sini. Yang mana anda dapat membuat SOP terkait dengan hak akses karyawan tersebut.

Misalnya untuk manajer bisa mendapat akses untuk melihat data penjualan secara keseluruhan. Sementara bagian staf hanya bisa mengakses data transaksi harian saja. Sehingga hak akses untuk karyawan dapat ditentukan sesuai fungsi dan tugasnya masing masing. Jadi data yang tidak dalam area otoritas karyawan pun tidak akan dapat diakses karena sistem software kasir sudah mengaturnya.

3. Jadwal Karyawan Menjadi Lebih Optimal

Untuk memastikan produktivitas usaha anda, jadwal karyawan adalah salah satu faktor esensial yang sangat mempengaruhi. Karena agar dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan, diperlukan sumber daya yang tepat di waktu yang tepat. Inilah mengapa anda membutuhkan sistem yang mampu mengatur jadwal karyawan secara optimal.

Sistem POS dapat menjawab kebutuhan tersebut. Fitur pada point of sale akan membantu anda menentukan jadwal dengan baik. Tidak perlu khawatir jumlah karyawan yang melayani kurang saat ada banyak konsumen datang. Atau sebaliknya, dimana shift terdiri dari banyak karyawan yang tidak melakukan pelayanan karena pelanggan sedang tidak begitu banyak.

POS sendiri memungkinkan anda mengatur jadwal menjadi lebih optimal berkat laporan penjualan lengkap yang mampu dihasilkannya. Karena pada laporan penjualan bisa dilihat detail transaksi beserta waktunya. Jadi anda bisa menempatkan lebih banyak karyawan di jam jam sibuk saat produk banyak terjual.

4. Daftar Hadir Digital

Fitur daftar hadir digital juga saat ini sudah tersedia pada software kasir, sehingga mampu membantu menyederhanakan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Tentunya daftar hadir digital tersebut sangat praktis bila dibandingkan dengan cara manual. Sebab anda tidak perlu lagi merekap datanya sebagai dasar kalkulasi gaji. Mengingat bahwa POS merupakan sistem yang terintegrasi.

Klinik Calista Skin Care yang telah lama didirikan oleh dr. Yusmalina Sari ini memiliki banyak treatment khusus bagi customer. Disisi lain keberhasilan Klinik ini ternyata didukung oleh Software Kasir dari Olsera yang menjadikan usaha dr. Yusmalina semakin kian lancar dan sukses
dr. Yusmalina Sari yang merupakan pendiri klinik tersebut juga mengungkapkan bahwa seringkali memakai sistem manual sebelum menggunakan Software Kasir Olsera, mulai dari pencatatan yang manual sampai hal lainnya, namun setelah adanya Software Kasir dari Olsera ini sangat membantu dari segi pencatatan laporan setiap bulannya, hingga penyederhanaan manajemen SDM. Kemudahan lain yang dr. Yusmalina dapatkan adalah dapat mengontrol setiap laporan di mana saja dan kapanpun.

Begitulah cara sistem POS menyederhanakan pengelolaan SDM di perusahaan. Hanya dengan satu aplikasi, anda bisa memperoleh banyak kemudahan sekaligus. Sehingga berinvestasi pada aplikasi kasir seperti Olsera POS bisa dibilang sebagai keputusan bijak. Anda dapat langsung mengunjungi situs web olsera.com untuk melihat fitur fitur yang ditawarkan secara lengkap.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2022