Beijing (ANTARA) - Situasi COVID-19 di China berfluktuasi pada tingkat yang rendah sejak awal Juli, dengan peningkatan kembali kasus dilaporkan di banyak tempat dalam beberapa area, kata seorang pejabat otoritas kesehatan China pada Kamis (21/7).

Epidemi itu memengaruhi 78 kota di 21 daerah setingkat provinsi dalam pekan lalu, papar He Qinghua, pejabat departemen pengendalian penyakit Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China, dalam sebuah konferensi pers.

Secara keseluruhan, peningkatan kembali kasus di berbagai daerah telah dikendalikan secara efektif dalam waktu singkat, dan dampak epidemi itu terbatas, kata He, lebih lanjut mengatakan bahwa kemampuan dan efisiensi respons epidemi lokal telah semakin ditingkatkan.

Dengan lonjakan kembali penularan COVID-19 di seluruh dunia, ditambah peningkatan arus orang selama liburan musim panas, risiko merebaknya wabah lokal akan meningkat, mengakibatkan situasi pencegahan dan pengendalian epidemi yang kompleks, imbuh He.

Dia menyerukan tindakan tegas dan cepat pascamerebaknya wabah untuk meminimalkan penyebaran dalam waktu sesingkat mungkin dan mencegah berkembang menjadi peningkatan kembali kasus dalam skala besar. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022