Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting melengkapi khazanah berita ekonomi LKBN Antara pada Senin (25/7), mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperjuangkan isu akses pasar dalam pertemuannya dengan pemimpin Tiongkok dan Pemerintah mengubah daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi 200 proyek dan 12 program.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:


Jokowi perjuangkan isu akses pasar dalam kunjungan di Tiongkok

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memperjuangkan isu akses pasar dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (Premier) Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping, secara terpisah, di Beijing, Tiongkok, Selasa.

"Bapak Presiden baru saja menyelesaikan pertemuan dengan Premier Li Keqiang dengan Presiden Xi Jinping (secara terpisah). Bapak Presiden dalam pertemuan memperjuangkan isu akses pasar," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan yang dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa malam.

Baca selengkapnya


Industri baja optimistis tingkatkan ekspor hingga 20 persen pada 2022

Salah satu industri baja yaitu PT Gunung Raja Paksi (GRP) optimistis meningkatkan porsi ekspor baja hingga 20 persen pada tahun ini atau naik dari sebelumnya yang hanya lima persen dari total produksi.

"Kami optimistis dapat mencapai ekspor hingga 20 persen dari total produksi, karena sudah ada beberapa yang permintaan yang in the pipeline," kata Direktur GRP Abednedju Giovano Warani Sangkaeng di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya

 

Menteri Erick: China beli produk kelapa sawit Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemerintah China sepakat membeli satu juta ton produk kelapa sawit beserta aneka produk pertanian lainnya dari Indonesia.

"Hal ini akan menjaga harga kelapa sawit Indonesia dan harga tandan buah segar para petani sawit. Pemerintah terus menjaga petani Indonesia dan pembukaan lapangan kerja," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya

 

Indonesia - Tiongkok sepakat perbaharui kerja sama bidang kelautan

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia bersama dengan Kementerian Sumber Daya Alam Tiongkok menyepakati pembaharuan kerja sama di bidang kelautan untuk mendukung penguatan ekonomi dua negara dan menjaga keberlanjutan ekosistem laut sesuai prinsip ekonomi biru.

"Semoga kerja sama ini menjadi pendorong majunya sektor kelautan dan perikanan Indonesia, di mana kesejahteraan masyarakat meningkat dan ekologi terjaga dengan baik," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam rilis resmi KKP di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya

 

Pemerintah ubah daftar PSN menjadi 200 proyek dan 12 program

Pemerintah mengubah daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) menjelang semester II-2022 dari sebanyak 208 proyek dan 10 program yang tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian 7 tahun 2021 menjadi 200 proyek dan 12 program.

Perubahan tersebut terjadi lantaran terdapat beberapa proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN, terdapat proyek baru yang disertakan dalam daftar PSN, serta adanya proyek atau program yang disesuaikan secara nomenklatur.

Baca selengkapnya

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022