Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyediakan sedikitnya 5.359 lowongan kerja pada bursa tenaga kerja (job fair) 2 dan 3 Agustus tahun ini. 

"Dari 40 perusahaan yang berpartisipasi saat ini, tersedia lowongan kerja sebanyak 5.359," kata Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi pada Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi Jakarta Barat, Yasil Farabi, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Lowongan pekerjaan itu diperuntukkan untuk para pencari kerja dengan pendidikan minimal SMA sederajat hingga sarjana S1 dan S2.

Yasil belum bisa menjelaskan secara rinci perusahaan di bidang apa saja dalam bursa kerja yang akan digelar di Mall Season City, Tambora, Jakarta Barat tersebut.

Yang pasti, lanjut dia, mayoritas perusahaan tersebut berlokasi di wilayah Jakarta Barat.

Baca juga: Jakarta Barat gelar bursa kerja pada awal Agustus di Season City

Lebih lanjut, Yasil beserta jajarannya juga sudah melakukan seleksi terhadap seluruh perusahaan yang ingin bergabung.

Penyeleksian itu dilakukan dari segi kualitas perusahaan dalam penggajian dan pemenuhan hak-hak karyawan.

Hal tersebut dilakukan demi memastikan warga mendapatkan perusahaan yang sehat dan bonafit dalam bursa kerja tersebut.

Terkait persyaratan untuk datang ke agenda itu,  ada beberapa hal yang harus dipenuhi warga antara lain harus secara daring melalui tautan yang di akun Instagram @jobfairjakarta.

"Pendaftaran bisa dilakukan di lokasi (on the spot) ataupun satu hari sebelum hari H," kata dia.

Baca juga: Puluhan perusahaan minat ikut bursa kerja di Jakarta Barat

Selain itu, pihaknya juga mewajibkan warga untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi, wajib telah menerima vaksin penguat dan taat dengan ketentuan protokol kesehatan.

Yasil berharap kegiatan bursa kerja ini akan membantu warga mendapatkan pekerjaan sehingga angka pengangguran di DKI berkurang.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022