Manokwari (ANTARA) -
Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Manokwari mengimplementasikan energi baru dan terbarukan dalam hal kelistrikan di Kabupaten Pegunungan Arfak.
 
"Untuk menghadirkan layanan listrik disana kami menyediakan spell yang menggunakan energi matahari. Energi disimpan dalam baterai dan diteruskan kepada pelanggan pengguna listrik," ujar Manajer Bidang Keuangan dan Umum PLN UP3 Manokwari, Andreaz Didik Sutanto, Rabu.

Kata Andreaz kampung yang menjadi percontohan untuk penggunaan spell yakni Kampung Coisi. Puluhan rumah di daerah itu dilayani spell yang mampu menyimpan listrik dengan kekuatan arus 500 KW. Disiapkan juga tiga buah lampu LED.
 
Andreaz menambahkan spell jadi salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan kontur geografis yang sulit dijangkau seperti di Kabupaten Pegunungan Arfak.
 
Pengerjaannya, jelas Andreaz, bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.
 
"Spell itu bekerja dari jam 18.00 sampai 24.00 malam," sebutnya.
 
Secara umum, Kabupaten Pegunungan Arfak masih tersuplai oleh Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang ada di Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari yang berkapasitas 1250 KW.
 
Selain itu, Andreaz menyebut masih ada pengerjaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Kabupaten Arfak.
 
"Dalam tahap pembangunan oleh Pemda. Nantinya ada rencana untuk kerjasama operasional dengan PLN," ungkap Andreaz.
 
Ia memastikan PLN sedang merencanakan penambahan pelanggan di Pegunungan Arfak mengingat daerah itu merupakan salah satu kabupaten yang sedang dalam proses pembangunan.

 

Pewarta: Rachmat Julaini
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2022