Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Rabu (27/7) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik mulai dari lawatan Presiden Jokowi ke Jepang hingga kerja sama dengan investasi Rusia.
 
 
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
 
 
1. Airlangga: Presiden minta penyesuaian tarif ekspor kepada Jepang
 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah meminta penyesuaian tarif ekspor atas sejumlah produk perikanan dan hortikultura dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Tokyo, Jepang, Rabu.

"Terkait dengan Indonesia, tentu masih ada beberapa isu terkait dengan ekspor di bidang perikanan maupun produk-produk hortikultura. Ini yang diminta Presiden untuk disesuaikan dengan negara-negara ASEAN lain atau sama dengan nol," kata Airlangga dalam keterangan secara daring yang dipantau di Jakarta, Rabu malam.

Selengkapnya di sini


2. Wali Nanggroe Aceh jajaki kerja sama investasi dengan Rusia

Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Al Haythar melakukan pertemuan dengan pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia untuk Indonesia dalam rangka penjajakan hubungan kerjasama investasi ke tanah rencong.

“Akan sangat positif jika Aceh membangun hubungan kerjasama dengan Federasi Rusia,” kata Malik Mahmud Al Haythar dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Rabu.

Selengkapnya di sini

 
 
3. BNPT tingkatkan nasionalisme lewat seni musik
 

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar program peningkatan nasionalisme lewat seni musik melalui Festival Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG).

Kabag Hukum dan Humas BNPT Astuti Idris menjelaskan BNPT sebagai lembaga pemerintah non kementerian diamanatkan menangani terorisme.

"Sangat penting aspek pencegahan yang bersifat lunak dan cerdas seperti kegiatan ASIK BANG," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (27/7).

Selengkapnya di sini

 
 
4. PDI Perjuangan gelar tabur bunga peringati peristiwa Kudatuli
 

DPP PDI Perjuangan menggelar tabur bunga untuk memperingati peristiwa penyerangan Kantor DPP PDI pada 27 Juli 1996 yang disebut Kerusuhan Duapuluh Tujuh Juli alias Kudatuli di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta Pusat, Rabu.

Acara tabur bunga itu dipimpin Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, bersama Ketua DPP PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning, Yanti Sukamdani, dan dihadiri mantan tim pembela PDI Perjuangan, Tumbu Saraswati, anggota DPR, Nyoman Parta, serta puluhan keluarga korban yang biasa disebut Forum Komunikasi Kerukunan.

Selengkapnya di sini



5. Indonesia giat membangun kerja sama di tengah situasi penuh rivalitas

Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Tokyo menekankan Indonesia giat membangun kerja sama dan persahabatan dengan negara-negara dunia di tengah situasi global yang penuh rivalitas.

"Pesan yang disampaikan Presiden pada intinya adalah di tengah situasi dunia yang penuh rivalitas, Indonesia justru lebih giat membangun kerja sama dan persahabatan dengan negara-negara dunia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan secara daring yang dipantau, di Jakarta, Rabu malam.

Selengkapnya di sini

 
 
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022