Jing'an, China (ANTARA) - Wilayah Zhongyuan di Provinsi Jiangxi, China timur, dengan ketinggian lebih dari 600 meter dari permukaan laut dan memiliki tingkat tutupan hutan hampir 90 persen, berubah menjadi kawasan resor (sanggraloka) untuk warga yang ingin menghindari teriknya musim panas.

Dengan kondisi lingkungan tersebut suhu rata-rata di kota itu 6 hingga 10 derajat Celsius lebih dingin dibandingkan Nanchang, ibu kota Provinsi Jiangxi, yang bertetangga dengannya.

Zhongyuan pun menjadi lokasi sanggaraloka musim panas favorit para wisatawan yang ingin menghindari teriknya musim panas. ​​
​​​
Sejumlah turis berjalan menyusuri aliran sungai di Desa Sanping yang terletak di Zhongyuan di wilayah Jing'an, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 27 Juli 2022. (Xinhua/Wan Xiang).
 
Sejumlah turis menginap di sebuah wisma tamu di Desa Sanping yang terletak di Zhongyuan di wilayah Jing'an, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 27 Juli 2022. (Xinhua/Wan Xiang).


"Tempat ini dulunya miskin, dan kami mencari nafkah dengan menebang bambu," kata Hu Lyuying, seorang penduduk desa di Desa Sanping yang terletak di Zhongyuan.

Dengan kebijakan pendukung lokal, keluarga Hu merenovasi rumah-rumah mereka dan memulai bisnis wisata pertanian (agritainment) pada 2019, yang membantu keluarga itu keluar dari kemiskinan dengan pendapatan tahunan melebihi 100.000 yuan (1 yuan = Rp2.208) atau setara sekitar 14.830 dolar AS (1 dolar AS = Rp14.860).

Seperti Hu Lyuying, lebih dari 640 keluarga di Zhongyuan memulai bisnis agritainment, membuka lapangan kerja bagi lebih dari 2.000 orang.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah daerah memfasilitasi transformasi dan peningkatan ekonomi, menargetkan untuk membangun Zhongyuan menjadi sebuah kota yang lebih layak huni yang menyediakan layanan perawatan lansia, hiburan dan pariwisata.
 
Sejumlah turis di Desa Sanping yang terletak di Zhongyuan di wilayah Jing'an, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 27 Juli 2022. (Xinhua/Wan Xiang).
 
Seorang pengunjung belajar menulis kaligrafi di sebuah rumah tua di Desa Sanping yang terletak di Zhongyuan di wilayah Jing'an, Provinsi Jiangxi, China timur, pada 27 Juli 2022. (Xinhua/Wan Xiang



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022