Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu meminta warga dan aparatur sipil negara (ASN) untuk bergerak menghiasi rumah, perkantoran dan lingkungan dengan pernik-pernik bernuasa merah putih dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (HUT RI).

"Kami minta semua untuk bergerak menghiasi rumah dan kantor menyambut HUT ke-77 RI dengan tema 'semakin cepat pulih bangkit semakin kuat'. Jadikan kantor per kantor sebagai contoh untuk masyarakat," kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan saat di Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Fadjar menugaskan seluruh satuan kerja perangkat daerah/unit kerja perangkat daerah hingga lurah dan camat agar mengimbau warga turut serta dalam kegiatan memperindah lingkungan tersebut.

Plaza Kabupaten adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) itu dibuka secara resmi sejak 7 Januari 2022 untuk menjadi tempat berinteraksi bagi orang tua maupun anak-anak dengan dilengkapi fasilitas permainan muda-mudi, seperti olahraga "skateboard".

Baca juga: Dekab: ASN Kepulauan Seribu berkantor di luar pulau tak hambat layanan

Di tempat itu, sejumlah ASN Kabupaten Kepulauan Seribu dikumpulkan untuk melaksanakan apel dan bertugas sejak pagi di Pulau Pramuka.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu digugat secara perdata oleh LBH Kepulauan Seribu ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara karena ASN berkantor di luar pulau dinilai menghambat pelayanan publik.

Sebetulnya, menurut Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu Robin, sejauh ini belum terdapat aduan warga soal pelayanan publik yang terhambat karena tidak semua kantor kedinasan di Kabupaten Kepulauan Seribu berada di pulau.

Robin juga bingung ketika ada pihak menyampaikan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara.

Baca juga: Pemkab Pulau Seribu beri edukasi cegah kekerasan anak di sekolah

"Setahu saya, sebagai mitra kerja pemerintah dari 2019 sampai sekarang, ASN Pemerintah Kabupaten itu semua ada. Di (Kantor) Kabupaten, Pulau Pramuka juga ada, di (Kantor) Mitra Praja juga ada. Mereka semua ada pembagian tugasnya," kata Robin saat ditemui wartawan di Gedung Mitra Praja, Jakarta Utara, Rabu (27/7) lalu.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022