Jakarta (ANTARA) - Saat ini jasa pemengaruh alias influencer makin marak digunakan oleh para jenama sebagai salah satu sarana pemasaran. Namun, tidak semua pemengaruh memiliki citra positif di media sosial.

Selain pemengaruh yang berprestasi, tak jarang pemengaruh membalut diri dengan sensasi untuk mampu mendatangkan engagement yang lebih tinggi. Hal ini menjadi pertanyaan di benak pemasar, seperti apa karakteristik influencer yang sebenarnya lebih dipercaya oleh masyarakat?

Hasil survei WOW Influencer yang dilakukan oleh MarkPlus kepada 1000 warganet Indonesia, mendapatkan temuan karakteristik pemengaruh yang rekomendasinya paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Pemengaruh dengan tingkat kepercayaan tinggi memiliki karakteristik yang ceria, intelijen, dan sukses.

Karakteristik-karakteristik tersebut perlu diperhatikan oleh jenama dalam pemilihan pemengaruh sebagai salah satu media pemasaran.

Aniza Nurfebriany selaku Manager MarkPlus, Inc. dalam siaran resmi, Selasa, mengatakan, “karakteristik influencer yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi, memiliki kemungkinan besar dalam mempengaruhi masyarakat pada rekomendasi yang diberikan. Selain itu, karakteristik influencer juga akan berpengaruh pada image brand dan produk yang direkomendasikan.”.

Dari temuan riset tersebut, influencer dengan karakter ceria, gembira, bahagia dan bersahabat menjadi yang paling dipercaya dengan total persentase 31 persen, disusul dengan cerdas, pintar, pandai serta percaya diri, sukses, pemimpin dengan nilai 29 persen. Kemudian, 25 persen karakteristik dapat dipercaya, bertanggung jawab dan pekerja keras.

Sebanyak 22 persen Imaginative (fantasi, imajinasi, unik, inovatif, kreatif), 20 persen Up-to-date (kekinian, modern), 20 persen percaya dengan pemengaruh dengan karakter jujur dan tulus, 20 persen Down-to-earth (sederhana, apa adanya, berorientasi kepada keluarga), 19 persen Charming (menarik, berkarisma), 19 persen Spirited (bersemangat,keren), dan 17 persen Upper class (mewah, eksekutif, glamor) memiliki persentase terendah.

Sebagai contoh, RANS Entertainment sebagai influencer yang rekomendasinya paling dipercaya oleh masyarakat dipersepsikan memiliki karakteristik yang Reliable, Successful, dan Intelligent. Tasya Farasya memiliki karakteristik Up-to-date, Upper Class, dan Intelligent. Sementara Fadil Jaidi yang juga masuk ke dalam jejeran pemenang WOW Influencer memiliki karakteristik Down-to-earth, Cheerful, dan Imaginative.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022