Mojokerto (ANTARA) -
Produk alas kaki asal Kota Mojokerto, Jawa Timur diminati peserta kegiatan Indonesia City Expo (ICE) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2022 yang digelar di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang.
 
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam keterangan pers di Mojokerto, Selasa, mengatakan sebanyak 20 pasang produk alas kaki terjual habis.
 
"Karena minat dari pengunjung ICE ini luar biasa terhadap produk alas kaki Kota Mojokerto, kami datangkan lagi 100 pasang dari Kota Mojokerto yang dikirim lewat kargo cepat," ucapnya.

Baca juga: Pemkot berupaya lestarikan sejarah Bung Karno di Mojokerto
 
Ia mengatakan selain alas kaki, produk yang juga diminati pengunjung adalah onde-onde khas Kota Mojokerto yang langsung digoreng di tempat, sehingga menarik perhatian pengunjung, termasuk wali kota anggota APEKSI.
 
"Onde-onde yang kami suguhkan ini langsung dari penggorengan, sehingga aromanya yang gurih menarik pengunjung, termasuk teman-teman wali kota datang ke stan mencicipi," ujarnya.
 
Dalam kesempatan ini, wali kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut juga memberikan cinderamata bagi setiap wali kota yang mampir mengunjungi stan Pemkot Mojokerto.
 
"Cinderamata yang kami berikan dalam bentuk Surya Majapahit yang merupakan simbol Kerajaan Majapahit, yang sampai hari ini kami lestarikan sebagai kekuatan besar Kota Mojokerto," katanya.
 
Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag) Kota Mojokerto Ani Wijaya menambahkan selain alas kaki dan onde-onde, produk lain yang juga disediakan, antara lain camilan kering, jahe merah, hingga berbagai produk kriya seperti tas jali, batik, rajut, kanvas, dan sulam pita.

Baca juga: Uri-Uri Budaya Majapahit dalam Festival Mojotirto

Baca juga: Sesmenkop dorong koperasi terapkan prinsip manajemen modern
 
"Banyak yang kami bawa, mulai alas kaki, makanan kering dan berbagai macam kerajinan, yang pasti yang kita suguhkan di lokasi adalah onde-onde dan wedang jahe," kata Ani Wijaya.
 
Selama empat hari pada 7-10 Agustus 2022, Pemkot Mojokerto menyuguhkan berbagai produk unggulan dalam gelaran ICE yang merupakan rangkaian Rakernas XV APEKSI 2022.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022