Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di delapan daerah di provinsi tersebut.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis Humas BMKG Sultra, Jumat, mengatakan delapan daerah tersebut adalah Kabupaten Muna, Muna Barat, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Bombana, Buton Utara, Buton Tengah, dan Kolaka Timur.

"Peringatan dini cuaca di delapan wilayah tersebut berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang," katanya.

Faizal menjelaskan di Kabupaten Muna potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Napabalano, Lasalepa yang dapat meluas ke Maligano, Batalaiwaru, Watopute, Bone, Marobo, Batukara.

Baca juga: BMKG sebut sebagian wilayah Sultra potensi diguyur hujan lebat

Baca juga: Shalat Idul Adha 2022 di Kendari Sultra diwarnai hujan


Di Kabupaten Muna Barat potensi hujan lebat berpotensi mengguyur Kecamatan Napano Kusambi dapat meluas ke Tiworo Utara, Kusambi.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di KecamatanAndoolo, Landono, Lainea, Ranomeeto, Kolono, Laonti, Lalembuu, Buke, Laeya, Baito, Basala, Ranomeeto Barat, Sabulakoa dapat meluas ke Tinanggea, Angata, Palangga, Konda, Moramo, Benua, Palangga Selatan, Mowila, Moramo Utara, Wolasi, Kolono Timur, Andoolo Barat.

Di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Selatan, Wawonii Tengah dapat meluas ke Wawonii Barat.

Berikutnya di Kabupaten Bombana potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Lantari Jaya, namun dapat meluas ke Rarowatu Utara, Mata Usu.

Di Kabupaten Buton Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Kulisusu Utara, Wakorumba Utara dapat meluas ke Kulisusu Barat. Kemudian di Kabupaten Buton Tengah potensi hujan lebat dapat mengguyur Kecamatan Mawasangka Tengah, Mawasangka dapat meluas ke Lakudo, Mawasangka Timur.

Di Kabupaten Koalaka Timur potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Lambandia dapat meluas ke Poli Polia, Aere, Dangia.

Dia menambahkan, potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di beberapa kecamatan yang ada di Kota Kendari di Kecamatam Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo.

Kemudian di Kabupaten Konawe di Kecamatan Pondidaha, Sampara, Besulutu, Bondoala, Amonggedo. Dan di Kabupaten Konawe Utara di Kecamatan Langgikima, Lembo, Oheo, Motui, Lasolo Kepulauan, Landawe.

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.*

Baca juga: BMKG sebut wilayah Sultra potensi diguyur hujan selama Juli-Agustus

Baca juga: BMKG sebut hujan lebat berpotensi terjadi di delapan wilayah di Sultra

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022