Buenos Aires (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Argentina pada Minggu (14/8) mengumumkan bahwa tiga gelombang bantuan kemanusiaan akan dikirim ke Kuba untuk meringankan dampak parah dari kebakaran kilang minyak di Kota Matanzas, Kuba.

Dalam pernyataannya, pihak kementerian mengatakan bahwa pada Senin (15/8), gelombang pertama bantuan, "yang terdiri dari 2,7 ton lebih suplai kesehatan," akan dikirim dari Bandar Udara Internasional Ezeiza di Buenos Aires.

Sementara pada Kamis (18/8) dan Jumat (19/8), dua kelompok bantuan lainnya akan dikirim "sebagai respons terhadap permintaan bantuan kemanusiaan yang disampaikan Kuba saat menghadapi konsekuensi kesehatan dari insiden kebakaran itu."

Donasi tersebut meliputi sarung tangan, baju dengan penutup kepala, peralatan medis dan ribuan apron plastik sekali pakai.

Bencana di Matanzas itu terjadi pada 5 Agustus, ketika petir memicu terbakarnya sebuah tangki yang menampung 26.000 meter kubik minyak, dan api kemudian menjalar ke tiga tangki lain di dekatnya.

Peristiwa itu terjadi hanya tiga bulan setelah sebuah truk tangki berisi gas cair meledak di dekat Hotel Saratoga di Havana, mengakibatkan 46 orang tewas dan lebih dari 50 orang luka-luka, dan nyaris menghancurkan bangunan tersebut sepenuhnya. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022