Beijing (ANTARA) - Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) mengungkapkan modul laboratorium pertama stasiun luar angkasa China ditenagai oleh "sepasang sayap" yang terdiri dari panel surya raksasa yang fleksibel.

Modul Wentian, sebuah struktur sebesar gerbong kereta bawah tanah Beijing, diluncurkan ke luar angkasa dan kemudian melakukan penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa China pada Juli, menjadikannya wahana ruang angkasa kabin tunggal aktif terberat yang pernah ada di orbit.

CMSA pada Senin (15/8) memberikan rincian teknis panel surya raksasa pada platform eksperimen luar angkasa, dengan beberapa kabinet dan lebih dari 40 proyek penelitian yang disetujui.

Wentian memiliki lebar sayap surya lebih dari 55 meter. Satu sayap dapat merentang hingga sekitar 110 meter persegi, membuat total area yang diperluas dua kali lebih besar dari modul inti Tianhe, tempat Wentian ditambatkan.

Untuk meluncurkan sebuah modul dengan sayap surya yang begitu lebar sehingga dapat mengganggu penambatan melalui osilasi secara mandiri, para insinyur China menggunakan solusi pembukaan dua kali.

Selama peluncuran, sayap surya fleksibel itu pertama-tama dilipat rapat seperti akordeon tertutup. Tebal setiap panel kurang dari satu milimeter, sehingga mengurangi volume panel yang terlipat menjadi hanya 20 persen volume panel surya tradisional.

Modul tersebut kemudian bermanuver untuk membuat rentang sayap menjadi 6,5 meter sebelum diperpanjang sepenuhnya setelah docking.

Panel surya yang dipasang pada Tianhe, Wentian, dan modul Mengtian yang akan diluncurkan pada Oktober tahun ini diproduksi dengan menggunakan teknologi panel surya fleksibel generasi ketiga, menurut CMSA.

Panel surya di Wentian dilengkapi dengan sel surya berbasis galium arsenida triple-junction fleksibel dan dapat memasok daya untuk rata-rata keluarga selama sekitar satu setengah bulan, menjadikannya sekitar dua kali lebih kuat dibandingkan modul inti.

Sel-sel berwarna gelap dan mengilap akan digabungkan untuk membuat pesawat pembangkit listrik dengan luas total hampir 400 meter persegi pada kombinasi Tianhe, Wentian, dan Mengtian setelah pembangunan stasiun luar angkasa China rampung, menghasilkan pasokan listrik lebih dari 80 kilowatt dan dengan efisiensi konversi fotolistrik melampaui 30 persen, jelas CMSA.

Sel surya dicetak menggunakan teknik screen printing sehingga lapisan tergulung secara merata untuk melindungi panel dari berbagai bahaya luar angkasa seperti oksigen atom, suhu ekstrem, dan radiasi ultraviolet.

Tim peneliti membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk menyelesaikan 88.000 tes siklus suhu tinggi dan rendah guna memastikan sayap surya tersebut dapat mendukung stasiun luar angkasa di orbit selama 15 tahun.

Para insinyur juga merancang unit bantalan poros ganda seperti pergelangan tangan untuk bantu memutar dua sayap sepanjang 27 meter di Wentian hingga 360 derajat agar posisinya dapat menghadap sinar matahari dan tidak terhalang.

Pengaplikasian sel surya fleksibel ini menandai lompatan maju dalam teknologi panel surya China, dan hal ini akan memastikan operasi jangka panjang dan stabil stasiun luar angkasa China, kata badan tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022