Beijing (ANTARA) - Observatorium nasional China pada Senin (15/8) sore waktu setempat kembali mengeluarkan peringatan merah untuk suhu tinggi, peringatan terparah dalam sistem peringatan cuaca empat tingkatnya, saat gelombang panas yang terik melanda semakin banyak daerah di negara itu.

Pada Selasa (16/8) siang, sebagian daerah di Xinjiang, Shaanxi, Henan, Anhui, Jiangsu, Shanghai, Hubei, Hunan, Jiangxi, Zhejiang, Fujian, Sichuan, Chongqing, Guizhou, Guangxi, dan Guangdong mengalami suhu tinggi 35 hingga 39 derajat Celsius, menurut Pusat Meteorologi Nasional China.

Suhu di sejumlah daerah Sichuan, Chongqing, Shaanxi, Anhui, Hubei, Hunan, Jiangxi, Zhejiang dan Xinjiang berpotensi melampaui 40 derajat Celsius, kata pusat meteorologi itu.

Lembaga itu menyarankan pihak berwenang setempat untuk mengambil sejumlah langkah darurat terhadap gelombang panas, menangguhkan pekerjaan di luar ruangan yang terpapar suhu tinggi, memperhatikan dengan saksama keselamatan terkait kebakaran, dan memberi perhatian khusus kepada kelompok rentan.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning dan biru.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022