Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengingatkan tiga hal guna mencapai keberhasilan pembangunan di bidang hukum dan HAM kepada insan pengayoman di lingkup Kemenkumham.

"Pertama, memperkuat kemampuan internal. Kedua, meningkatkan sinergitas dengan kementerian/lembaga. Ketiga, membuka partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya," kata Yasonna dalam sambutannya pada upacara peringatan HUT Ke-77 Kemenkumham, sebagaimana siaran tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Keberhasilan pembangunan di bidang hukum dan HAM, kata Yasonna, sejatinya merupakan tugas utama dari Kemenkumham itu sendiri, sehingga perlu memperhatikan hal-hal yang mendasari indeks kepuasan masyarakat di dalam pelayanan publik.

Menurutnya, ukuran keberhasilan yang terpenting dari pembangunan bidang hukum dan HAM adalah memperoleh kepercayaan publik dan legitimasi masyarakat.

"Ukuran keberhasilan kita bukan lagi sekedar memperoleh penghargaan dan seremonial belaka," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Menkumham juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN Kemenkumham atas kerja keras dan pengabdiannya selama 77 tahun Kemenkumham.

Ia pun mengajak pegawai Kemenkumham untuk terus meneguhkan komitmen dalam berkontribusi bagi Indonesia.

"Mari kita satukan hati dan pikiran serta teguhkan komitmen secara bersama untuk terus berkarya bagi negeri," ucapnya.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022