Moskow (ANTARA) - Rubel menguat ke level tertinggi hampir empat minggu terhadap dolar pada awal perdagangan Jumat, didukung oleh pembayaran pajak akhir bulan yang mendorong permintaan untuk mata uang Rusia, sementara saham produsen pupuk Phosagro melonjak setelah membukukan hasil yang kuat.

Pada pukul 07.04 GMT, rubel menguat 0,5 persen terhadap dolar pada 59,20 setelah sempat mencapai 57,70, level yang terakhir terlihat pada 25 Juli.

Terhadap euro, rubel naik 0,9 persen menjadi 59,65.

Rubel di jalur untuk mendapat dukungan dari pajak akhir bulan yang biasanya mendorong perusahaan-perusahaan yang berfokus pada ekspor untuk meningkatkan konversi pendapatan mata uang asing mereka guna memenuhi bea lokal.

Baca juga: Rubel Rusia stabil, obligasi sedikit menguat di tengah data inflasi
Baca juga: Rupiah akhir pekan melemah, dipicu pernyataan hawkish pejabat The Fed


Dari tahun ke tahun, rubel telah menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di dunia sebagai hasil dari kontrol modal yang diberlakukan Rusia setelah memulai apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina pada 24 Februari.

Volatilitas rubel telah mereda setelah ayunan liar yang melihatnya mencapai rekor terendah 121,53 terhadap dolar di Moscow Exchange pada Maret dan kemudian reli ke puncak tujuh tahun di 50,01 pada Juni.

Di pasar saham, indeks RTS berdenominasi dolar melemah 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 1.159,4 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel tergelincir 0,4 persen menjadi diperdagangkan 2.186,7 poin.

Saham Phosagro mengungguli pasar dan melonjak 4,4 persen setelah perusahaan mengatakan pada Kamis (18/8/2022) malam bahwa laba bersihnya melambung 165 persen pada paruh pertama tahun 2022 dan dewan merekomendasikan untuk membayar 780 rubel (13,18 dolar AS) per saham dalam bentuk dividen.
Baca juga: Rubel menguat ke tertinggi satu minggu terhadap euro, saham Rusia naik
Baca juga: IHSG jelang akhir pekan diprediksi naik tipis, ikuti Wall Street


 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022