Jakarta (ANTARA) - Industri informasi dan komunikasi China mempertahankan ekspansi yang kuat dalam satu dekade terakhir, dengan pendapatan telekomunikasi meningkat menjadi 1,47 triliun yuan (1 yuan = Rp2.177) pada 2021 dari 1,08 triliun yuan yang tercatat pada 2012, demikian disampaikan seorang pejabat pada Jumat (19/8).

Jumlah pengguna internet mencapai 1,032 miliar pada 2021, naik 83 persen dari 2012, sementara jumlah aplikasi seluler mencapai 2,32 juta, kata Xie Cun, seorang pejabat di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, seraya menambahkan bahwa negara itu membangun jaringan serat optik dan pita lebar seluler terbesar di dunia.

Dari 2012 hingga 2021, infrastruktur telekomunikasi China mencatatkan perkembangan yang pesat, dan "kesenjangan digital" antara daerah perkotaan dan pedesaan berkurang signifikan, kata pejabat itu.

Pada langkah selanjutnya, China akan terus mengonsolidasikan fondasi untuk pengembangan industri informasi dan komunikasi, menumbuhkan pendorong pertumbuhan baru, dan memungkinkan transformasi digital industri tradisional, kata Xie, demikian Xinhua dikutip Sabtu.


Baca juga: Konvensi 5G Dunia 2022 digelar di Heilongjiang, China

Baca juga: Presiden China sambut peresmian organisasi Konferensi Internet Dunia

Baca juga: China akan buat aturan baru untuk manajemen selebriti online

Pewarta: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022