Jakarta (ANTARA) - Akhir film animasi "Minions: The Rise of Gru" berubah di China karena telah melewati proses sensor. Penyuntingan ini adalah contoh lain dari otoritas China dalam mengubah film populer Hollywood agar benar secara politis.

Berdasarkan unggahan dan tangkapan layar film yang dibagikan di platform Weibo, akhir film "Minions" di China menggambarkan Wild Knuckles, karakter utama di film, ditangkap polisi dan dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

Gru, salah satu komplotan Wild Knuckles "kembali ke keluarganya" dan meraih pencapaian terbesar sebagai ayah dari tiga putri.

Dalam versi internasional, baik Gru dan Wild Knuckles kabur bersama setelah Wild Knuckles memalsukan kematiannya sendiri agar bisa kabur dari pihak berwenang.

DuSir, penerbit ulasan film daring dengan 14,4 juta pengikut di Weibo, mencatat versi film yang tayang di China berdurasi semenit lebih lama dibandingkan versi internasional. DuSir mempertanyakan apakah semenit tambahan itu diperlukan.

"Hanya kita yang butuh bimbingan dan perhatian istimewa, karena ketakutan kartun akan 'merusak' kita," tulis DuSir, Sabtu waktu setempat.

China punya kuota untuk film luar negeri yang bisa tayang di bioskop domestik. Banyak film Hollywood yang harus mengubah atau menghapus adegan tertentu.

Baca juga: "Minions: The Rise of Gru" raup Rp1,6 triliun di Amerika Serikat

Baca juga: "Minions 2:Rise of Gru" rangkum awal karier Gru jadi penjahat super

Baca juga: "Despicable Me 4" tayang 3 Juli 2024

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022