Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pelatih RANS Nusantara FC Rahmad Darmawan menyatakan akan melakukan evaluasi terhadap permainan tim berjuluk The Prestige Phoenix, usai menelan kekalahan pada laga tandang melawan Arema FC dengan skor 4-2 yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rahmad dalam jumpa pers usai pertandingan di Stadion Kanjuruhan mengatakan bahwa pada awal pertandingan anak asuhnya terlalu leluasa memberikan ruang yang mampu dimanfaatkan oleh skuad Arema FC dan pada akhirnya tertinggal tiga gol.

“Ini menurut saya yang perlu dilakukan lebih baik dalam pertandingan mendatang. Selamat untuk kemenangan Arema FC,” kata RD, sapaan akrabnya.

RD menjelaskan, pada awal babak pertama, jarak antara lini depan dan belakang tidak berjalan dengan efektif. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh punggawa Arema FC yang mampu mengkonversi sejumlah peluang menjadi gol.

Baca juga: Arema FC kalahkan RANS Nusantara FC 4-2

Menurutnya, kesalahan pada awal babak pertama tersebut akhirnya mampu diperbaiki oleh anak asuhannya dan mulai menemukan rasa percaya diri dan meningkatkan kualitas permainan. Setelah permainan membaik, dua gol tercipta dan memperkecil selisih gol.

“Di babak kedua, saya mencoba untuk mengingatkan kepada pemain pentingnya posisi saat bertahan. Sayang, lagi-lagi kecolongan dari satu skema serangan yang sebetulnya tidak terlalu berbahaya namun menjadi satu kesulitan bagi pemain kita,” katanya.

Ia menambahkan, skema yang ditampilkan oleh Arema FC pada pertandingan tersebut memang berbeda dibanding pada laga sebelumnya. Namun, lanjutnya, hal itu sesungguhnya tidak menjadi masalah karena ia telah menyiapkan strategi yang telah disampaikan kepada pemain.

“Yang menjadi masalah, anak-anak menggebu di awal pertandingan. Sehingga meninggalkan jarak yang cukup lebar antara lini depan dan belakang. Mereka memaksa menyerang, dan akhirnya lini belakang belum siap. Celah di lini tengah itu yang dimaksimalkan oleh Arema FC,” ujarnya.

Sementara itu, pemain RANS Nusantara FC David Laly menambahkan memang ia bersama rekan-rekannya sedikit terkejut pada awal pertandingan dan Arema FC lebih siap untuk melakukan serangan ke jantung pertahanan skuad The Prestige Phoenix.

“Di awal-awal kita kaget, dan Arema lebih siap sehingga menekan kita. Tapi ke depan, kita belajar melalui pertandingan ini agar lebih baik,” ujarnya.

Pada pertandingan itu, RANS Nusantara FC kalah dengan skor 4-2 atas skuad Singo Edan. Gol kemenangan Arema FC dicetak oleh Ilham Udin (8), Jayus Hariono (21), Sergio Silva (29) dan Abel Camara (77). Sementara gol balasan RANS Nusantara FC dicetak oleh O.K. John (35) dan Wander Luiz (38).

Baca juga: Almeida puas amankan tiga poin usai kalahkan RANS

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022