Vientiane (ANTARA) - Curah hujan yang tinggi dan banjir bandang yang dipicu oleh hujan deras di musim monsun ini telah memengaruhi banyak wilayah di Laos.

Desa-desa di sepanjang Sungai Mekong dan anak-anak sungai utamanya baru-baru ini diperingatkan agar waspada terhadap kenaikan tingkat permukaan air.

Sebelumnya pada bulan ini, banjir yang disebabkan luapan air sungai telah melanda empat provinsi di wilayah utara negara Asia Tenggara itu, menyebabkan jalan-jalan terendam air serta terputusnya pasokan air dan listrik di sejumlah wilayah, kata pihak berwenang.

Hujan deras juga memengaruhi ibu kota Laos, Vientiane, yang terletak di sepanjang tepi Sungai Mekong.
 
Foto yang diabadikan pada 20 Agustus 2022 ini memperlihatkan seorang warga desa mendayung perahu di Sungai Mekong di sepanjang beting pasir yang terendam air, di sebelah barat Vientiane, ibu kota Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane). 
 
 Foto yang diabadikan pada 20 Agustus 2022 ini memperlihatkan sejumlah warga desa mencari ikan di Sungai Mekong di samping rumah apung mereka yang terletak di dekat beting pasir yang terendam air, di sebelah barat Vientiane, ibu kota Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane).   
 
Seorang warga desa mendayung perahu di tengah guyuran hujan di Sungai Mekong di sepanjang beting pasir yang terendam air, di sebelah barat Vientiane, ibu kota Laos, pada 20 Agustus 2022. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane).
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022