Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta bidang pariwisata, Jakarta Experience Board (JXB) memberi pelatihan mengenai pariwisata Ibu Kota kepada peserta Abang dan None Jakarta 2022 demi meningkatkan wawasan mereka tentang sektor ini.  

"Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai pariwisata Jakarta yang dimiliki para Abang dan None," kata Direktur Utama Jakarta Experience Board (JXB) Novita Dewi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Novita memberikan contoh, dirinya telah memberikan pembekalan pariwisata dan perhotelan (tourism and hospitality) kepada 36 orang Abang None Jakarta saat berkunjung Grand Cempaka Business Hotel, Rabu (24/8).

Pada sesi pembekalan, Novita menjelaskan potensi pariwisata Jakarta di antaranya proyeksi kedatangan wisatawan mancanegara yang terus meningkat dan Jakarta sebagai "one-stop-destination".

Baca juga: Mahasiswa Vokasi UI sabet Wakil I Abang None Jakarta Pusat 2022

"Potensi yang ada di Jakarta ini perlu dikelola sehingga dapat dioptimalkan. Untuk itu, JXB membuat  program inisiatif, mulai dari aktivasi ruang publik, penambahan fasilitas ruang publik, peningkatan 'beautifikasi' kota dan dukungan terhadap ekonomi kreatif," katanya.

Selain membahas tentang pariwisata, Novita juga memberikan penjelasan mengenai perhotelan dan berbagi inspirasi untuk menjadi pribadi yang dibutuhkan dalam dunia pariwisata.

"Ketika berbicara mengenai 'hospitality' ada tiga hal yang menjadi fokus, yaitu komunikasi, 'sense of awareness' dan integritas. Ketiga hal tersebut harus dilakukan dalam level personal maupun di level perusahaan," katanya.

Penjurian Abang dan None Jakarta sendiri akan dilakukan pada 29 Agustus dan akan ditutup oleh Malam Penganugerahan pada 2 September 2022.

Baca juga: Jaksel umumkan Abang dan None 2022

"Semoga sesi ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi para Abang None yang nantinya akan menjadi bagian dari pariwisata Jakarta," kata Novita.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022