Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Kamis (25/8), mulai dari Mahfud MD penuhi panggilan MKD klarifikasi terkait kasus Sambo, hingga Presiden dan Ibu Negara sambut kelahiran cucu kelima.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Mahfud MD penuhi panggilan MKD klarifikasi terkait kasus Sambo
enteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) yang juga Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD memenuhi panggilan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI untuk klarifikasi terkait dengan kasus yang menjerat mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo.

"Saya katakan sebenarnya Sambo itu menyusun skenario agar orang percaya bahwa terjadi tembak-menembak sehingga membuat prakondisi menghubungi beberapa orang," kata Mahfud di Ruang Rapat MKD DPR RI di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi perintahkan e-katalog lokal harus hidup
Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk memastikan katalog elektronik (e-katalog) produk-produk lokal hidup dan bisa diakses oleh pemerintah.

"Beliau (Presiden) memerintahkan e-katalog lokal harus hidup," kata Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas usai menghadiri Rapat Terbatas dengan Presiden yang membahas Percepatan Transformasi Digital Pengadaan Barang dan Jasa, di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Bawaslu tindak lanjuti aduan dua parpol soal pelanggaran administrasi
Badan Pengawas Pemilihan Umum memutuskan menindaklanjuti aduan laporan dugaan pelanggaran administrasi tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang diajukan oleh dua parpol.

"Menyimpulkan, menyatakan laporan diterima, menyatakan laporan ditindaklanjuti dengan sidang pemeriksaan," kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Jakarta Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Ketua Dewan Pers: Indeks Kemerdekaan Pers cenderung meningkat
Ketua Dewan Pers Prof. Azyumardi Azra mengatakan bahwa Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) memiliki kecenderungan meningkat, yakni dari 76,02 poin pada 2021 menjadi 77,88 poin pada 2022.

"Kemerdekaan pers ini kecenderungan meningkat. Sedikit, tipis, tetapi meningkat," kata Azyumardi ketika membuka acara Peluncuran Hasil Survei Indeks Kemerdekaan Pers 2022 dipantau di platform Zoom Meeting dari Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden dan Ibu Negara sambut kelahiran cucu kelima
Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kelahiran cucu kelima yang lahir di RS Pondok Indah, Jakarta, Kamis.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Presiden Jokowi dan Ibu Negara hadir di RS Pondok Indah sejak pukul 05.50 WIB untuk menantikan kelahiran sang cucu laki-laki dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang lahir pukul 06.39 WIB.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022