Kediri, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur (Jatim), berencana menggelar "Kediri Nite Carnival" 2022 yang merupakan karnaval memeriahkan HUT ke-1143 Kota Kediri lagi setelah dua tahun absen akibat dampak pandemi COVID-19

"Di tahun 2022 ini kami mulai 'running' lagi. Kami berharap penyelenggaraan 'Kediri Nite Carnival' 2022 akan memberi dampak ekonomi pada masyarakat," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar di Kediri, Jumat.

Ia mengemukakan kegiatan ini kembali digelar setelah dua tahun absen karena pandemi COVID-19. Kegiatan ini tentunya bisa memberi dampak baik sosial dan ekonomi untuk masyarakat.

Ia menambahkan dalam pergelaran "Kediri Nite Carnival" 2022 ini dilaksanakan pada Sabtu (27/8). Ada sebanyak 14 kabupaten dan kota yang juga turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka di antaranya dari Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Malang, Madiun, Kediri, Nganjuk, Sumenep, Blitar, Tulungagung, Banyuwangi, dan Tuban.

Untuk peserta terjauh yang memberikan konfirmasi yaitu dari Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Sedangkan, untuk kota yang akan ikut serta dalam acara ini ada dari Kota Batu, Surabaya dan Surakarta, Jawa Tengah.

Acara ini, kata dia, juga akan dimeriahkan oleh undangan dari OPD Pemkot Kediri, Forkopimda Kota Kediri, Bank Indonesia, PT. Gudang Garam, Bank Jatim, KPP Bea Cukai, Komandan Brigif 16 Wira Yuda, SMKN 2 Kediri, Imigrasi Kediri, Komandan Yonif 521, KPPN Kediri, KPP Pratama dan OJK.

Sementara itu, peserta lainnya yang mengikuti Kediri Nite Carnival di antaranya JNE Kediri, SMPN 7 Kediri, SMAN 1 Kediri, SMK PGRI 4, SMP Muhammadiyah 2 Kediri, Sanggar Joyoboyo, Ngronggo Bersinar, CK Dance Kediri, Candramaya dan lainnya.

Program ini, kata dia, memeriahkan HUT Ke-1143 Kota Kediri. Sesuai dengan tema "Bangkit Bareng" acara ini diharapakan menjadi inspirasi agar bangkit bersama setelah pandemi COVID-19.

"Kita juga fokus untuk pemulihan ekonomi. Inginnya perekonomian segera running well. Jadi even-even ini pancingan agar perekonomian bisa terus bergerak," kata dia.

Untuk rute yang ditempuh dalam acara Kediri Nite Carnival itu mulai dari Kediri Memorial Park, Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa, Jalan Erlangga, Jalan Hayam Wuruk, dan finish di Jalan Basuki Rahmat, Kota Kediri.

Pemkot Kediri juga membuat lomba Tik Tok dan Reels Instagram untuk lebih memeriahkan acara Kediri Nite Carnival ini.

Ia pun mengatakan kegiatan ini juga akan menutup sementara jalur-jalur yang akan digunakan acara, sehingga bisa berlangsung dengan tertib.

"Kami akan lakukan secara berkala dan akan ditutup total saat Kediri Nite Carnival berlangsung. Sekitar pukul 19.00 WIB kami mulai," demikian Abdullah Abu Bakar.

Baca juga: Ratusan seniman unjuk kebolehan di ajang Kediri Nite Carnival

Baca juga: Wayang Jogja Night Carnival resmi masuk "calendar of event" nasional

Baca juga: Wakil dari mancanegara berpartisipasi di World Kids Carnival di Jember

Baca juga: IAIN Kendari tampilkan kostum Raja Buton pada Ethno Carnival Pesona

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2022