Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) meraih penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja.

"Kami masuk dalam kategori tersebut dengan subkategori Pemerintah Provinsi Tipe Kecil. Alhamdulillah, Provinsi Kaltara masuk 5 besar untuk diberikan award oleh BKN," kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, di Tarakan, Jumat.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala BKN RI Bima Haria Wibisana kepada Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Gubernur mengatakan bahwa capaian tersebut merupakan upaya yang terus dilakukan oleh Pemprov Kaltara.

Dia meminta agar capaian itu dapat ditingkatkan, sehingga memberikan nilai positif bagi pembangunan di daerah.

Terdapat empat kategori penghargaan yang diumumkan pada BKN Award 2022. Di antaranya, Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, Kategori Penilaian Kompetensi, Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, dan Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah yang ada di Kaltara. Capaian ini merupakan kerja keras kita semua dalam bingkai Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara," kata Zainal.

Menurutnya, ke depannya tentu yang kurang akan Pemprov Kaltara perbaiki, dan yang sudah baik harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Gubernur berharap melalui manajemen kinerja, target yang ditetapkan dapat segera dicapai secara maksimal.

Selain Pemprov Kaltara, Kota Tarakan dan Kabupaten Tana Tidung juga mendapatkan penghargaan dari BKN.

"Saya berharap ini menjadi motivasi bagi daerah lainnya, sehingga kami dapat memacu kinerja seluruh ASN di Kaltara," katanya lagi.

Kepala BKN RI Bima Haria Wibisana mengatakan banyak aspek yang menjadi penilaian khususnya dalam kinerja ASN.

Dia mengimbau agar Pemprov Kaltara dapat memastikan setiap aparaturnya mengetahui target kinerja. "Melalui penghargaan ini saya berharap Pemprov Kaltara dapat memacu kinerja ASN," kata Bima pula.
Baca juga: Kaltara menerima penghargaan ajang GAE 2021
Baca juga: Gubernur Kaltara menerima penghargaan sebagai tokoh penjaga perbatasan

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022