Jakarta (ANTARA/JACX) - Kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau dikenal sebagai Brigadir J menarik perhatian masyarakat terhadap institusi Kepolisian RI.

Selain Ferdy Sambo yang telah ditetapkan sebagai tersangka, sejumlah pihak kini juga menyorot perwira-perwira Polri yang menjabat lembaga lain, seperti di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebuah unggahan tangkapan layar di Twitter menampilkan konten menyerupai berita tentang keputusan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo terhadap Ketua KPK Firli Bahuri yang berasal dari Kepolisian RI.

Tangkapan layar itu berisi judul, "Akhirnya Kapolri Sigit Tarik Komjen Firli Bahuri dari KPK" dan mencatut salah satu media daring di Indonesia.

Sementara dalam keterangan lain pada tangkapan layar terdapat kalimat," Semoga pimpinan baru KPK segera gerak cepat mengusut tuntas segala kelebihan2 bayar di DKI Jakarta."

Tidak hanya kalimat-kalimat dalam tangkapan layar, akun pengunggah konten itu juga menambahkan narasi sebagai berikut:
"Akhirnya semua akan terbongkar. Usut tuntas semua permainan skenario."

Sebanyak 191 komentar, lebih dari 600 pengguna yang menyukai, dan 19 kali diunggah ulang terhadap unggahan pada 27 Agustus 2022 itu.

Namun, benarkah Kapolri menarik Komjen Firli Bahuri dari KPK?
 
Unggahan hoaks yang menyatakan Kapolri menarik Komjen Firli Bahuri dari KPK. (Twitter)


Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, unggahan yang menyatakan Kapolri tarik Komjen Firli Bahuri dari KPK merupakan pernyataan yang tidak benar atau hoaks.

Sebelumnya, Kapolri telah menerbitkan telegram terkait pensiun Firli sebagai polisi mulai 1 Desember 2021, sebagaimana dilaporkan ANTARA.

Namun, posisi Firli Bahuri sebagai Ketua KPK akan tetap berlaku hingga 2023 setelah terpilih oleh Komisi III DPR RI pada September 2019 dan mejabat pada Desember 2019.

Seperti dilaporkan ANTARA, Firli Bahuri sebagai Ketua KPK saat ini masih berpartisipasi pada forum "Regional Anti-Corruption Conference for Law Enforcement Professionals in Southeast Asia" yang digelar secara "hybrid" di Bangkok, Thailand, 29-31 Agustus 2022.

Dengan demikian, unggahan yang menyatakan Kapolri Listyo Sigit Prabowo menarik Komjen Firli Bahuri dari KPK merupakan hoaks.

Klaim: Kapolri tarik Komjen Firli Bahuri dari KPK
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Ferdy Sambo satu sel dengan Napoleon Bonaparte

Baca juga: Firli ingatkan modus korupsi semakin canggih seiring majunya teknologi

Baca juga: Firli beberkan program prioritas dan unggulan dalam bidang pendidikan

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2022