Sorong (ANTARA) - Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso meninjau dan menyerahkan bantuan sembako untuk 23 kepala keluarga korban luapan air Sungai Warsumsum di Distrik Makbon akibat hujan deras mengguyur daerah setempat.

"Kunjungan dan pemberian bantuan sembako tersebut menunjukkan pemerintah selalu hadir untuk membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat," kata Yan Piet Mosso di Sorong, Papua Barat, Selasa.

Dia mengatakan bahwa dirinya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan organisasi perangkat daerah terkait telah turun ke lokasi luapan air sungai tersebut guna melihat langsung keadaan masyarakat untuk mencari solusi atau jalan keluar dari  permasalahan tersebut.

"Saya juga sudah melaporkan musibah bencana alam terbesar kepada Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw untuk membantu penanganan," ujarnya.

Baca juga: Bupati Sorong harapkan suku pribumi Moi bersatu

Baca juga: Bupati: Transmigrasi ubah daerah terisolasi di Sorong-Papua Barat maju


Ia mengatakan bahwa selain luapan Sungai Warsumsum Distrik Makbon, wilayah Klamono dan Salawati Tengah juga mengalami musibah banjir.

Setelah menerima laporan, kata dia, Gubernur Papua Barat langsung memerintahkan tim dari provinsi untuk turun ke lapangan melakukan upaya penanggulangan.

"Saya esok juga akan turun langsung ke wilayah Klamono bersama tim untuk meninjau dan menyerahkan bantuan bagi masyarakat yang mengalami musibah banjir," kata Bupati.

Dia juga mengimbau masyarakat Kabupaten Sorong yang tinggal di daerah-daerah rawan banjir dan longsor agar tetap waspada sebab curah hujan masih tinggi.

Baca juga: Gubernur temui korban banjir Sorong pastikan bantuan tepat sasaran

Baca juga: Korban meninggal longsor di Kota Sorong bertambah jadi tiga orang

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022