Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan pihaknya telah melakukan diskusi persiapan Pertemuan Menteri Digital atau Digital Economy Ministers Meeting (DEMM) bersama sejumlah perwakilan negara anggota G20.

“Kami berdiskusi terkait dengan perkembangan jalannya DEWG dan persiapan untuk DEMM besok,” kata Johnny usai pertemuan bilateral dengan Menteri Komunikasi dan Teknologi Digital Afrika Khumbudzo Ntshavheni di Mulia Resort, di Nusa Dua, Bali.

Baca juga: DEWG ke-4 ajang unjuk gigi inovasi digital & UMKM

Pada Rabu malam, Johnny mengadakan pertemuan bilateral dengan para Menteri bidang digital serta perwakilan sejumlah negara dan organisasi yang terlibat dalam gelaran DEWG G20.

Adapun negara G20 yang hadir dalam pertemuan bilateral yaitu Argentina, Afrika Selatan, Jerman, India, Jepang, Britania Raya, dan Australia.

Terkait isu yang diusung dalam DEWG, kepada Ntshavheni, Johnny mengatakan Afrika Selatan dan Indonesia mempunyai pandangan dan tujuan yang sama untuk mengembangkan ekonomi digital agar bermanfaat bagi masyarakat, baik di negara masing-masing maupun di antara negara-negara G20, serta negara-negara di luar anggota G20.

Johnny juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada sejumlah perwakilan negara, termasuk negara-negara G20, karena telah mendukung pembahasan isu prioritas dengan suportif selama sidang keempat.

Pertemuan DEWG G20 yang keempat dimulai pada Senin (29/8) dan berakhir pada Selasa (30/8). Pada pertemuan kali ini, para delegasi membahas rancangan deklarasi Menteri bidang digital G20 yang disebut “The Bali Package”.

Rancangan deklarasi akan kembali dibahas untuk difinalisasi oleh para Menteri bidang digital G20 dalam DEMM yang diadakan pada Kamis (1/9).

Baca juga: Perwakilan ASEAN tunjukkan sikap suportif & aktif di sidang ke-4 DEWG

Baca juga: Indonesia dinilai tetapkan standar tinggi dalam penyelenggaraan G20

Baca juga: Delegasi Kanada dorong kesepakatan dalam pertemuan keempat DEWG G20


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022