Jakarta (ANTARA) - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan 5G Mining menjadi bagian teknologi digital canggih yang menjadi payung besar perusahaannya.

"Tambang bawah itu tanah itu sarat dengan teknologi. Dan kami payung besarnya advanced digital technology yang kami terapkan di tambang bawah tanah kami dan di antaranya ada fiber optik, wifi dan 5G," kata dia di Tembagapura, Mimika, Papua, Kamis.

Tony sependapat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo saat menghadiri peluncuran teknologi 5G Mining di Tembagapura pada hari yang sama, yakni agar sektor pertambangan tak terlena sehingga terlambat beradaptasi dengan teknologi.

Menurut dia, perusahaannya berkomitmen menerapkan teknologi baru yang tersedia demi mencapai produksi yang berkelanjutan.

"Jadi, apapun teknologi yang tersedia, yang baru akan kita coba terapkan demi mencapai produksi yang sustainable, safe production," tutur dia.

Lebih lanjut, Tony mengapresiasi hadirnya Presiden dalam acara peluncuran teknologi 5G pertama di sektor pertambangan itu.

Menurut dia, kehadiran Presiden berada di momentum yang tepat yakni saat perusahaannya sudah mampu meningkatkan kapasitas produksinya.

"PT Freeport Indonesia sudah berhasil meningkatkan produksinya mencapai 100 persen kapasitas produksi dari tambang bawah tanah yang terbesar di dunia," demikian kata Tony.

Tak hanya Presiden, peluncuran 5G Mining yang merupakan hasil kerja sama antara PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) itu juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Negara Pramono Anung, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson.

Pemanfaatan teknologi 5G Mining di PTFI telah melalui pembaharuan infrastruktur, penguatan jaringan, dan pengembangan platform untuk mobile edge computing. Dengan demikian, teknologi 5G Mining dapat mengendalikan berbagai mesin dan kendaraan di tambang bawah tanah dari jarak jauh, termasuk dari atas permukaan tanah serta menggerakan berbagai perangkat secara otomatis.

Selain itu, teknologi 5G juga memungkinkan PTFI memonitor dan mencegah risiko kecelakaan kerja melalui optimalisasi penggunaan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan.


Baca juga: Erick: "5G Mining" Freeport turunkan biaya operasional 40 persen

Baca juga: Presiden apresiasi teknologi "5G Mining" Freeport ditangani SDM lokal

Baca juga: Presiden: Indonesia bergerak lebih maju lewat 5G Smart Mining

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022