Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa saat ini ada tujuh wilayah yang terdampak banjir akibat curah hujan yang ekstrem beberapa hari lalu.
 
Sekretaris BPBD Provinsi Bengkulu Khristian Hermansyah di Kota Bengkulu, Kamis, mengatakan bahwa tujuh wilayah yang terdampak banjir yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kaur Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Rejang Lebong.
 
"Hingga saat ini ada tiga wilayah yang sampai saat ini belum ada laporan banjir akibat terdampak cuaca ekstrem, yaitu Kabupaten Kepahiang, Lebong dan Bengkulu Selatan," kata Khristian.
 
Sebanyak 5.136 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir dengan tiga wilayah terjadi tanah longsor, tiga jembatan rusak dan tiga pohon tumbang.

Baca juga: Lebih 3.000 keluarga terdampak banjir di Bengkulu

Baca juga: Lima wilayah terendam banjir dan tiga longsor di Bengkulu
 
Ia menjelaskan, untuk lokasi banjir di Kabupaten Rejang Lebong yaitu di Kelurahan Jalan Baru, Kelurahan Talang Benih, dan Desa Kayu Manis.
 
Kemudian di Kota Bengkulu ada di tiga Kecamatan Sungai Serut, Kecamatan Muara Bengkahulu dan Ratu Agung dengan lima sekolah, lima mesjid, empat kantor dan 50 hektare sawah terendam banjir.
 
Untuk di Kabupaten Seluma ada enam kecamatan yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Seluma Selatan, Kecamatan Seluma, Kecamatan Seluma Barat, Kecamatan Semidang Alas Maras dan Kecamatan Ilir Talo.
 
"Di Kabupaten Seluma dikabarkan juga ada 2 jembatan yang terdampak dan juga 1 ruas jalan putus di Desa Pasar Seluma," ujarnya.
 
Kabupaten Bengkulu Utara terdata sebanyak 10 kecamatan yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Air Besi, Kecamatan Argamakmur, Kecamatan Pinang Raya, Kecamatan Batik Nau, Kecamatan Lais, Kecamatan Air Padang, Kecamatan Ketahun, Kecamatan Tanjung Agung Palik, Kecamatan Ulok Kupai, dan Kecamatan Air Napal.
 
Selanjutnya Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat enam wilayah yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Talang Empat, Kecamatan Pondok Kubang, Kecamatan Karang Tinggi, Kecamatan Pondok Kelapa, Kecamatan Taba Penanjung dan Kecamatan Pagar Jati
 
Sedangkan untuk Kabupaten Mukomuko terdapat 10 desa yang terdampak banjir yaitu Desa Pondok Kopi, Desa Pulau Makmur, Desa Semundam, Desa Air Buluh, Desa Pulau Baru, Desa Pasar Ipuh, Desa Dusun Pulau, Desa Talang Rio dan Desa Air Ramu.
 
"Sampai saat ini kami masih menunggu jika ada update data terbaru dari Kabupaten/Kota," terangnya.*
   

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022