Jakarta (ANTARA News) - Petinju Roy Mukhlis membuka jalannya menuju juara dunia WBC dengan tampil sebagai peringkat 10 besar WBC setelah dia memenangi kejuaraan WBC International di Jakarta, Jumat malam, dengan kemenangan angka atas Simson Butar-Butar dalam pertarungan 12 ronde kelas super bulu WBC.

Roy yang sebelum pertarungan Jumat malam itu menduduki peringkat 23 WBC dan Simson 35, maka dengan kemenangannya di kejuaraan tersebut, petinju kelahiran Sumba Barat, NTT itu akan masuk sebagai petinju peringkat 10 besar dan membuka jalannya untuk merebut juara WBC dunia.

"Saya sangat bahagia bisa memenangi kejuaraan ini, dan selanjutnya jalan saya untuk menjadi juara dunia WBC akan terbuka," kata Roy Mukhlis yang juga menyandang juara di PABA dan WBO Oriental seusai kemenangannya itu.

Tiga juri yang menilai pertarungan kedua petinju itu memberi kemenangan pada Roy Muklis, dengan angka 117-111, 116-112, dan 118-110.

Memasuki awal pertarungan kedua petinju saling melakukan jual-beli pukulan melalui pukulan jab dan hook sehingga pertarungan masih tampak berimbang, namun memasuki ronde ketujuh tampak Roy Mukhlis mendominasi pertarungan melalui pukulan upper-cut nya dan bahkan Simson tampak mulai melemah kekurangan tenaga.

Pada dua ronde terakhir Roy semakin merajalela melihat lawannya kehabisan tenaga, dan dia melakukan pukulan beruntun untuk berusaha menjatuhkan lawan. Namun yang tampak seru adalah pertarungan ronde ketiga ketika kedua petinju ngotot untuk saling bisa menjatuhkan lawan.

Simson yang beberapa hari sebelum pertandingan sempat sesumbar akan menjatuhkan Roy pada ronde ketiga, tampak sekali sangat ngotot untuk menjatuhkan lawannya, namun Roy juga tampak ingin membalikkan target lawannya itu.

"Dia sesumbar ingin menjatuhkan saya pada ronde ketiga, di sini saya justru ngotot untuk berusaha di ronde ketiga dia yang jatuh, tapi sayang itu tidak terjadi," tambah Roy.

Dengan hasil kemenangan itu maka kini Roy Mukhlis mencatat rekor bertanding 25 kali menang (17 KO), dua kali kalah dan sekali seri. Sedangkan bagi Simson kini dia memiliki rekor 30 bertanding (20 KO) dan tiga kali kalah.

Sementara itu pada pertandingan partai tambahan di tinju amatir, petinju Indonesia Renaldo Moniaga menang angka atas petinju Timor Leste Henrique Ferera dalam duel meet tiga ronde kelas ringan. Dan dalam partai tambahan lainnya kelas welter yunior enam ronde, Billi Sumba menang angka atas Jack Yacob.(*)

Editor: Heru Purwanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009