Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) merapikan saluran kabel optik yang menjuntai dan tidak beraturan di sepanjang Jalan Daan Mogot

"Kita rapikan di sepanjang Jalan Daan Mogot dari perempatan Cengkareng sampai ke arah Pesakih," kata Kepala Seksi Prasarana Sarana Utilitas Kota dan Penerangan Jalanan Umum (PSUK-PJU) Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat, Yanuar Ihsan saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pemkot Jakbar siap benahi kabel optik menjuntai ke tanah di Kalideres

Yanuar menuturkan petugas mengubur kabel tersebut ke dalam tanah sehingga tidak menjuntai dan membahayakan warga.

Yanuar mengatakan keberadaan kabel optik yang menjuntai itu berawal ketika pemerintah berencana membangun tol di lokasi tersebut. Karenanya, petugas memindahkan pepohonan dan kabel optik yang ada di sepanjang pinggir Jalan Daan Mogot.

Namun, proyek tersebut urung dijalankan lantaran memasuki masa pandemi COVID-19. Akibatnya, kabel optik di lokasi tersebut pun berantakan.

Karena kondisi tersebut, saat ini petugas tengah merapikan kabel tersebut agar tidak terlihat semrawut.

Baca juga: Kabel optik internet di Jaksel terbakar

Kegiatan menerbitkan kabel tersebut, lanjut Yanuar, sudah berlangsung sejak Agustus 2022.

"Jadi pengerjaannya ini serentak setiap hari Sabtu dan Minggu," tutur Yanuar.

Dia berharap kegiatan menertibkan kabel tersebut bisa membuat kawasan Daan Mogot lebih nyaman dan tidak membahayakan bagi para pejalan kaki.

Sambil menjalankan program merapikan kabel optik, Yanuar memastikan pihaknya juga akan tetap melayani aduan masyarakat yang masuk melalui Jaki terkait masalah Penerangan Jalan Umum (PJU).

Baca juga: Diduga korsleting, kabel optik bawah tanah terbakar di Fatmawati

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022